China Puncaki Perolehan Medali Emas di Paralimpiade Tokyo

Daftar perolehan mendali di Paralimpiade Tokyo 2020. SP/ CH

SURABAYAPAGI.com, China - China kembali mengantongi tiga medali emas dari powerlifting, anggar kursi roda, dan renang di Paralimpiade Tokyo pada Kamis untuk menyalip Australia di puncak perolehan medali.

Powerlifter China Guo Lingling mendominasi nomor 41kg putri dalam debut Paralimpiadenya. Setelah mengangkat 105kg untuk memecahkan rekor Paralimpiade 104kg dalam upaya pertamanya, satu-satunya pertanyaan yang tersisa untuk sisa kompetisi adalah apa lagi yang mungkin dia capai.

Dalam upaya keempatnya, yang tidak dihitung untuk pertandingan ini menurut aturan Paralimpiade, atlet berusia 32 tahun itu mencatat rekor dunia baru 109kg untuk mengalahkan rekor dunia 108kg yang baru dibuatnya dalam upaya ketiganya.

"Saya telah mempersiapkan diri selama dua tahun untuk Paralimpiade Tokyo, dan memenangkan medali emas Paralimpiade adalah impian saya," kata Guo. "Saya merasa gembira bisa mewujudkan impian saya," katanya, Jumat (27/8/2021).

Di kategori 45kg putri, atlet veteran China Cui Zhe, yang berlaga di Paralimpiade keempatnya, meraih medali perak. Latifat Tijani dari Nigeria mengklaim emas.

Sementara itu di Tokyo Aquatics Center, Tim China yang terdiri dari Yuan Weiyi, Lu Dong, Zhang Li dan Zheng Tao, merebut nomor 4x50m gaya bebas campuran 20 poin setelah memecahkan rekor dunia dalam waktu dua menit 15,49 detik.

"Bagi saya, medali bukanlah hal yang paling penting. Yang lebih penting adalah meningkatkan apa yang telah Anda lakukan sebelumnya," kata Yuan. "Meskipun saya tidak memenangkan medali di acara pertama saya [gaya bebas 100m S5 putra], medali emas ini cukup tak terduga, jadi saya cukup senang tentang itu."

Pemain anggar kursi roda Tiongkok menambah satu emas, satu perak dan dua perunggu, saat Tan Shumei mengalahkan Viktoria Boykova dari Komite Paralimpik Rusia 3-0 di epee individu kategori B putri, sementara Rong Jing dan Bian Jing merebut perak dan perunggu di nomor tunggal putri.

"Saya ingin berterima kasih kepada pelatih dan rekan tim saya," kata Tan. "Semua orang telah berkontribusi pada kemenangan hari ini."

Li Zhangyu dan Liang Guihua masing-masing menambah dua medali perunggu di nomor C1 3.000m individu putra dan C2 3.000m individu putra di lintasan bersepeda.

Baik tim bola gawang pria dan wanita kalah dalam pertandingan pembukaan mereka, karena tim pria dihancurkan oleh Belgia 10-3 dan tim wanita dikalahkan oleh Komite Paralimpiade Rusia 4-3. Dsy19