Congrats! Rahmat Erwin Raih Medali Emas dan Catat Rekor Dunia di Asian Games 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 04 Okt 2023 14:13 WIB

Congrats! Rahmat Erwin Raih Medali Emas dan Catat Rekor Dunia di Asian Games 2023

i

Rahmat Erwin (22) berhasil raih medali emas mencatatkan rekor dunia dunia 201 kg di ajang Asean Games 2023. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pencapaian hebat dari atlet Indonesia cabang olahraga angkat besi kelas 73 kg putra, Rahmat Erwin Abdullah yang meraih medali emas sekaligus memecahkan rekor dunia di Asian Games 2023 di Xiaoshan Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, Rabu (03/10/2023) malam WIB. 

Rahmat Erwin (22) berhasil mencatatkan rekor dunia dunia 201 kg dalam angkatan clean and jerk dengan total angkatan 359 kg. Dirinya tampil begitu perkasa dan memperoleh catatan terbaiknya dalam angkatan clean and jerk tersebut satu kilogram lebih berat dari rekor dunia yang dia cetak sebelumnya.

Baca Juga: Diduga Masalah Nafkah, Ammar Zoni Jual Akun Instagram Berfollower 8,6 Juta

“Ini merupakan kompetisi yang menarik seperti yang saya perkirakan,” kata Abdullah, seraya menambahkan bahwa dia sangat menikmati jalannya kompetisi ini.

Torehan tersebut membuat Rahmat sukses mempertajam rekor dunia untuk angkatan clean and jerk yang saat ini menjadi 201kg, Rabu (04/10/2023). Sebelumnya, rekor dunia untuk angkatan tersebut juga telah dibukukan Rahmat saat tampil di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Bogota, Kolombia.

Baca Juga: Bukan di DO, Binus School Serpong Minta Anak Vincent Rompies Mengundurkan Diri Jelang Ujian

Diketahui, menyusul Rahmat Erwin, atlet Thailand Weeraphon Wichuma (19), yang memenangkan emas di kelas 73 kg putra pada kejuaraan dunia angkat besi 2023 di Riyadh bulan lalu, meraih medali perak dengan membukukan angkatan snatch 156 kg dan angkatan clean and jerk 195 kg dengan total angkatan 351 kg.

Oh Kum Thaek, atlet angkat besi Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) berada di urutan ketiga dengan total angkatan 344 kg.

Atlet China Wei Yinting, yang meraih emas di kelas 73 kg putra pada kejuaraan angkat besi Asia 2023 pada Mei lalu, berhasil melakukan angkatan snatch 161 kg namun gagal melakukan angkatan clean and jerk pada beban 180 kg dalam tiga kali percobaan

Baca Juga: Isu Prediksi Pengamat: PDIP Bakal Tarik 7 Kadernya di Kabinet Jokowi, Begini Jawaban Megawati

“Saya merasa sedikit lelah dengan serangkaian kompetisi akhir-akhir ini,” ujar Wei, seraya menjelaskan bahwa cedera lutut yang dialaminya turut mempengaruhi performanya.

Dengan hasil tersebut, Rahmat menyumbang emas kelima bagi Indonesia di Asian Games 2023. Total kini Tim Merah-Putih telah mengumpulkan 19 medali yang terdiri dari lima emas, tiga perak dan 11 perunggu. Dan Indonesia kini sudah meraih 5 medali emas di Asian Games 2023. Sebelumnya, medali emas didapat dari cabor menembak, sepeda BMX, dan juga wushu. sb-04/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU