CPNS 2021, Pemkot Surabaya Ajukan 1.802 Formasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 19 Mei 2021 13:47 WIB

CPNS 2021, Pemkot Surabaya Ajukan 1.802 Formasi

i

Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). SP/BKD

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Pemerintah dalam waktu dekat akan segera membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021. Rencananya, pengumuman pembukaan seleksi CPNS 2021 akan dimulai pada akhir Mei. Kali ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan mengakukan 1.802 formasi ke pemerintah pusat.

"Ini pengajuannya. Berapa formasi CPNS yang disetujui, semua bergantung pusat. Saya berharap disetujui semua karena jumlah ini sesuai kebutuhan pegawai kami," kata Kepala BKD Kota Surabaya Mia Santi Dewi, kemarin.

Baca Juga: DJP Jatim 2 Gandeng Media untuk Tingkatkan Pencapaian Target Pajak

Jika disetujui, jumlah formasi atau lowongan CPNS tersebut lebih banyak dari pengajuan CPNS pada akhir 2019 yang kurang dari seribu lowongan.

Ini merupakan kesempatan bagi lulusan sarjana sesuai bidang keahlian, jika berminat bisa mendaftar sebagai CPNS di Pemkot Surabaya.

"Semua jadwal dan teknis pelaksanaannya semua bergantung pusat. Jadwal pasti sudah ada. Daerah hanya ketempatan tes," kata Mia.

Mia menyebutkan bahwa 1.082 lowongan CPNS itu bukan murni CPNS. Namun juga termasuk lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Yakni pegawai setara PNS namun tidak berhak atas fasilitas pensiun. Pegawai kontrak pemerintah atau P3K ini diperuntukkan bagi mereka yang honorer atau GTT.

Kebanyakan usia mereka sudah berusia di atas 35 tahun. Jadi P3K khusus untuk honorer yang saat ini bekerja di lingkungan pemerintahan.

Mereka berkesempatan mendaftar sebagai P3K dengan kesejahteraan setara PNS. Meski sudah mengabdi harus melalui seleksi dan tes masuk. Tak bisa honorer bisa diangkat pegawai langsung.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

BKD Kota Surabaya saat ini sudah mengajukan Usulan fomasi CPNS dan P3K.
Kecenderungannya sama seperti tahun-tahun sebelumnya, lowongan guru atau tenaga pendidikan lebih besar.

Selain tenaga pendidik dan kependidikan juga yang relatif banyak adalah Tenaga Kesehatan serta tenaga teknis lainnya. (sr/na)

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU