CR7 Sejajar dengan Ali Daei, Ukir 109 Gol Internasional

Cristiano Ronaldo. SP/ AP Photo

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Cristiano Ronaldo memegang peran penting saat timnas Portugal menahan imbang timnas Prancis 2-2 pada matchday ketiga Grup F EURO 2020. Berkat hasil itu juga Cristiano Ronaldo berhasil membawa Portugal lolos ke babak 16 besar EURO 2020, Kamis (24/6/2021).

Ronaldo yang berusia 36 tahun berhasil melesatkan dua gol ke gawang Prancis lewat tendangan penalti. Dua gol ke gawang timnas Prancis tersebut membawa Cristiano Ronaldo sejajar dengan Ali Daei sebagai sebagai pencetak gol internasional terbanyak dengan koleksi 109 gol.

Ia berhasil mengukir 109 gol dari 177 laga yang telah dijalani bersama Portugal. Sementara, Ali Daei mencatatkan keseluruhan golnya hanya dari 149 pertandingan yang dilakoni bersama Iran.

Menurut catatan FIFA, Ali Daei yang dijuluki Sang Raja mencetak 109 gol saat tergabung dalam timnas Iran dan melakukan 149 kali pertandingan dalam kurun waktu 1993 sampai 2006.

Meski begitu, Ronaldo belum bisa dibilang manusia tertajam di bumi , begitu juga Ali Daei.

CR7 masih butuh 77 gol untuk menyamai rekor pencetak gol internasional terbanyak di bumi yakni penyerang tmnas putri Kanada, Christine Sinclair sejumah 186 gol.

Namun, perolehan tersebut tak membuat Ronaldo pantang menyerah, lantaran dirinya masih punya peluang untuk menambah koleksi gol tersebut mengingat ia masih berada dalam performa terbaiknya saat ini.

Selain itu, Ronaldo juga dinyatakan sebagai pemilik top skor tertinggi sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Eropa, yaitu 14 kali gol. Rekor itu melampaui Michel Platini dari Prancis yang tercatat mencetak 9 gol di Piala Eropa.

Ronaldo juga berhasil menjadi pemain Portugal pertama yang mencetak gol dalam tiga pertandingan grup di Euro. Sebelumnya belum pernah ada satupun peman Portugal yang berhasil mengukir catatan rekor tersebut.

Gol-gol Ronaldo itu juga yang membawa tim berjuluk Selecao das Quinas tersebut melangkah ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai peringkat 3 terbaik di Grup F.

Portugal menempati posisi ketiga di klasemen grup setelah kalah head to head dari Jerman. Baik Portugal dan Jerman sama-sama mengemas 4 poin.

 Portugal dijadwalkan akan menghadapi Belgia pada babak 16 besar Euro 2020, Minggu (27/6/2021) mendatang. Dsy5