Crosser Indonesia asal Lamongan, Ungguli Crosser Malaysia dan Thailand

Ananda Rigi Aditya saat melewati sirkuit tersulit dan super sulit yang belum dilakukan di Indonesia sebelumnya dalam ajang seri Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) di Sumbawa. SP/IST

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan – Perjuangan Ananda Rigi Aditya crosser Indonesia asal Lamongan Jawa Timur, yang ikut ambil bagian dalam ajang seri Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP), Samota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (26/6)2022) cukup membanggakan.

Meski masih finish diurutan 10 dengan torehan 11 points, capaian yang dilakukan oleh putra David owner SCT Group Sukodadi ini patut diapresiasi, karena target bisa di depan dan ungguli dari pembalap Malaysia dan Thailand sudah tercapai.

"Alhamdulillah Ananda bisa finish dengan selamat dan ada diurutan 10 dari para pembalap dunia," kata David saat dihubungi surabayapagi.com yang masih menemani putranya di Sumbawa.

Ananda kata David, dalam ajang MXGP ini bisa finish diurutan 10 sudah dianggap capaian yang cukup bagus. Karena lawan yang dihadapi oleh Ananda adalah pembalap diatas rata-rata dan semuanya dari pembalap eropa, dengan medan sirkuit yang dihadapi belum pernah ada di Indonesia, ini tipikal sulit dan super sulit sekali.

"Urutan klasemen nomor 1-8 adalah pembalap Eropa, dan nomor 9 adalah pembalap DKI yang pernah sekolah di Spanyol 3-4 tahun, tapi Alhamdulillah Nanda bisa menang dari pembalap Malaysia dan Thailand itu sudah Alhamdulillah," ujar David.

Ananda sendiri kata David bisa finish dengan kecepatan 40.082 dan total 36:27.939 TM, dalam Grand Prix Rice 2, seri Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP), Samota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sebelumnya, Ananda Rigi Aditya Crosser adalah crosser terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang seri Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP). Kejuaraan motocross bergengsi kelas dunia ini bakal digelar di Rocket Motor Circuit MXGP Samota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang  berlangsung pada 24-26 Juni 2022.

Ananda berharap, keikutsertaannya dalam kejuaraan dunia ini bisa semakin menambah jam terbang dan pengalamannya di balapan internasional. Selain itu, ia juga berharap bisa bersaing dengan sesama pembalap wild card dari Malaysia Thailand maupun dengan sesama crosser Indonesia, dan target bisa bersaing dengan pembalap wild card Malaysia dan Thailand akhirnya tercapai dan Ananda bisa mengunggulinya.

Sebagai informasi, hingga saat ini Ananda Rigi Aditya telah berhasil mengantongi beragam prestasi. Yang paling akhir, ia juga sukses meraih podium dalam Kejurnas Grasstrack Region 2 Sulawesi Selatan kelas MX 2 open, pada dua minggu yang lalu.

Bahkan, ia juga berhasil menggondol medali emas yang dipersembahkan untuk Provinsi Jawa Timur pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021, di Papua beberapa waktu lalu. jir