Cuaca Buruk, Pelabuhan Gilimanuk Ditutup Sejam

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 28 Okt 2022 19:00 WIB

Cuaca Buruk, Pelabuhan Gilimanuk Ditutup Sejam

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Pelabuhan penyeberangan Ketapang Banyuwangi sempat melakukan buka tutup karena cuaca buruk. Angin kencang dan gelombang di Selat Bali mengakibatkan aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Gilimanuk ditutup sementara selama 1 jam.

Baca Juga: Pelabuhan di Banyuwangi Ramai Dipadati Pemudik

Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk ditutup pada pukul 13.30-14.30 WIB, Jumat (28/10/2022). Cuaca tak menentu mempengaruhi aktivitas penyeberangan di Pelabuhan ASDP Ketapang.

Koordinator Satuan Pelaksana (Satpel) Balai Pelaksanaan Transportasi Darat (BPTD) Pelabuhan Ketapang, Rocky Surentu saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

"Satu jam ditutup sementara. Karena kondisinya berbahaya bagi keselamatan penyeberangan," ujarnya kepada wartawan.

Untuk kecepatan angin di Selat Bali, kata Rocky, mencapai 27 sampai 31 knot. Sementara gelombang tidak terlalu besar.

"Jarak pandang normal, gelombang biasa dan angin yang berbahaya," tambahnya.

Cuaca buruk ini, kata Rocky, merupakan fenomena baru di bulan Oktober. Karena biasanya cuaca buruk atau ekstrem di Selat Bali terjadi pada bulan Juli hingga Agustus.

"Kalau dari prediksi, sebenarnya cuaca ekstrem terjadi dari bulan Juli hingga Agustus lalu. Namun karena situasi cuaca di Selat Bali tidak menentu sehingga kami tidak dapat memprediksi, sehingga ketika cuaca tidak memungkinkan dilakukan penundaan penyeberangan hingga kondisi cuaca normal," papar Rocky.

Terkait penutupan sementara itu, kata Rocky, tidak ada antrean di Pelabuhan ASDP Ketapang. Karena areal kantong parkir di pelabuhan yang menghubungkan Jawa Bali itu terbilang luas.

"Tidak ada antrean karena kondisi areal parkir luas. Tidak ada keluhan penyeberangan juga," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Razia Pedagang Petasan di Banyuwangi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU