Cuan Bikin Dhani-Once "Perang Dingin"

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 31 Mar 2023 21:06 WIB

Cuan Bikin Dhani-Once "Perang Dingin"

Dua Musisi yang Dewa 19 yakni Pentolannya Ahmad Dhani dan Vokalis Once Mekel, Sama-sama Gelar Jumpa Pers Ajak Lawyer. Ahmad Dhani Bahkan Somasi. Once tak Takut!

 

Baca Juga: Nama Ayu Dewi Dituding Jadi MC Berinisial A di Kasus Korupsi yang Seret Harvey Moeis

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Elfonda Mekel alias Once tak tinggal diam dengan manuver Ahmad Dhani yang undang wartawan soal royalty lagu Dewa-19. Terlebih Dhani, di depan pers,  sampai membuat ultimatum ke Once, mantan vokalis Dewa 19.

Jumpa pers Once, diberi tajuk "Press Conference: Once Mekel: Pahami Dulu Undang-Undang, Baru Bicara".  Tidak sendirian, Once ditemani oleh kuasa hukumnya, Panji Prasetyo.

Perang dingin ini sepertinya akan berkepanjangan. Ahmad Dhani dan Once Mekel menggelar konferensi pers dengan pengacara masing-masing, ‘perang dingin’ Ahmad Dhani vs Once telah  dimulai!  

 

Once Sakit Hati pada Dhani

Once Mekel mengaku sakit hati dengan pernyataan Ahmad Dhani beberapa waktu lalu. Hal itu berkaitan dengan dilarangnya mantan vokalis Dewa 19 itu untuk membawakan lagu-lagu ciptaannya.

Rasa sakit hatinya tidak hanya dirasakan olehnya saja, namun hal tersebut berimbas kepada anaknya yang menjadi sorotan di sekolah.

"Ada lah (perasaan sakit hati) pastinya. Anak saya sampai ditanya di sekolah 'ada apa sih?'," kata Once Mekel saat menggelar konferensi pers di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2023).

Once Mekel miris melihat sang anak yang harus mewakilinya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh teman-temannya.

"Bayangin, papanya yang punya masalah tapi anaknya yang harus jawab," tutur Once Mekel.

Dalam kesempatan yang sama, Once Mekel sebenarnya kebingungan dalam menjawab pertanyaan yang disampaikan kepada anaknya, soal ultimatum Ahmad Dhani yang sudah menjadi isu nasional dan diperbincangkan di mana-mana.

"Bayangin gimana jawabnya?" ujar Once Mekel.

Akhirnya, Once Mekel mengambil jalan tengah untuk menjawab hal tersebut secara sederhana.

"Inilah dinamikanya bapak-bapak cari duit," ucap Once Mekel.

 

Achmad Dhani Somasi Once

Pada pukul 17.00 WIB, Ahmad Dhani menggelar konferensi pers dengan judul “Penggunaan Hak Ekonomi atas Ciptaan Harus dengan Izin Pencipta."

Rencananya, Dhani juga akan menyampaikan Somasi Terbuka bagi pihak yang dididuga telah melanggar.

"Saya umumkan, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu Dewa 19," terang Ahmad Dhani.

Dalam konferensi persnya, Ahmad Dhani melarang Once menyanyikan lagu Dewa 19 karena dirinya beserta personel lainnya sedang melakukan tur di berbagai kota setelah Lebaran nanti.

Ia tak mau orang lain yang tidak terlibat dalam tur tersebut membawakan karya-karya milik Dewa 19.

"Sekarang Dewa 19 sedang melakukan tur. Setelah Lebaran setiap minggu dua kali. Jadi tidak boleh ada konser-konser lain yang mengganggu, yang menggunakan lagu Dewa 19," kata Ahmad Dhani.

 

Dhani Bilang Once Mahal

Dewa 19 sendiri rencana akan menggelar tur setelah Lebaran tahun ini. Namun, tur Dewa 19 ini akan dilaksanakan tanpa mengikutsertakan Once Mekel untuk menjadi vokalis mereka.

Ahmad Dhani sebagai pioner sempat menjelaskan alasan tak menyertakan Once Mekel dalam tur Dewa 19.

Dengan tegas Ahmad Dhani menjelaskan bahwa biaya Once Mekel sangat mahal untuk satu kali manggung bersama Dewa 19. Maka dari itu Ahmad Dhani hanya akan mengajak Virzha untuk menjadi vokalis band nya itu.

"Alasannya kenapa? Mahal. Sudah itu aja," ujar Ahmad Dhani belum lama ini di kawasan Jakarta Barat.

 

Dhani Tak Pahami UU

Tentang pernyataan Dhani, penyanyi Once menjawab. "Oh itu wajar, namanya juga pendapat orang ya. Mungkin berdasarkan dari perasaan, ungkapan, dan juga mungkin ada pengetahuan tentang detail-detail yang masih kurang sedikit ya. Artinya saya sih anggapnya itu bagian dari satu dinamika bermusik ya," kata Once.

Ahmad Dhani sendiri menegaskan hubungan dengan Once baik-baik saja. Menyoal royalti, Ahmad Dhani membenarkan itu adalah urusan EO. Selain karena royalti, Dhani juga punya alasan lain melarang Once bawakan lagu Dewa 19.

"Karena apa, saya menjaga marwah Dewa, juga menjaga kemurnian dari konser-konser Dewa yang diadakan setelah Lebaran seminggu dua kali," kata Ahmad Dhani di kesempatan berbeda.

Once sebelumnya di ultimatum Ahmad Dhani. Ia dilarang oleh sang musisi menyanyikan lagu Dewa 19.

Once dianggap Ahmad Dhani selalu membawakan karya-karya Dewa 19 setiap manggung. Ia sendiri diketahui pernah jadi vokalis untuk grup band tersebut.

Ahmad Dhani menilai event organizer yang mengundang Once Mekel tak pernah membayar royalti seusai membawakan lagu-lagu Dewa 19.

 

Once Merasa tak Bersalah

Namun, Once Mekel merasa tak bersalah soal menyanyikan lagu Dewa 19. Sebab, ia pun diminta oleh EO untuk membawakan lagu tersebut.

Soal royalti, Once Mekel mengaku tak akan membayar ke Ahmad Dhani. Hal itu dikarenakan sudah ada pihak yang bertanggung jawab perihal pembayaran.

"Saya nggak mungkin bayar royalti ke dia (Ahmad Dhani). Karena saya kan main diundang oleh event organizer, nah event organizer itulah yang bertanggung jawab kepada LMK atau LMKN kemudian mendata lagu-lagu apa yang dibawakan, lalu event organizer sebagai user harus membayar sejumlah uang kepada LMK atau LMKN," ujar Once.

 

Hubungan dengan Dhani Biasa

"Nah jumlahnya berapa? Jumlahnya adalah 2 persen dari tiket atau 2 persen dari ongkos produksi yang dikeluarkan. Dari LMK dan LMKN uang ini dalam periode tertentu akan disalurkan kepada pencipta yang tergabung di dalamnya, salah satunya adalah Ahmad Dhani," tambahnya.

Once Mekel  menjelaskan hubungannya dengan Ahmad Dhani. Ia mengaku sampai saat ini biasa saja dengan suami Mulan Jameela itu.

Baca Juga: Ungkit Masalah Restu Orang Tua, Putri Anne Ngaku Nyesel Nikahi Arya Saloka

"Ya baik-baik saja (hubungan dengan Ahmad Dhani). Biasalah, seniman itu kan pandai mengolah rasa ya, mungkin jadi lagu baru," tutur Once.

Ahmad Dhani tetap melarang Once Mekel untuk membawakan semua lagu Dewa 19. Mantan personel Dewa 19 itu pun bakal bersuara.

Sebab ultimatum tersebut tidak main-main. Larangan tersebut disertai juga ancaman pidana dalam Pasal 113 UU Hak Cipta yang memuat pidana 3 sampai 4 tahun penjara dan pidana denda sebesar Rp 500 juta sampai dengan Rp 1 miliar.

Ahmad Dhani juga menyebut Event Organizer yang mengundang Once Mekel selama ini sering tidak membayarkan royalti jika sang penyanyi membawakan lagu-lagu Dewa 19.

 

Royalti Performing Rights

Menurut pihak Once, Ahmad Dhani memberikan pernyataan seperti itu karena tidak paham atas ketentuan UU Hak Cipta.

"Pasal 87 UU Hak Cipta jo. Pasal 10 Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik (PP 56/2021), Once sebagai pelaku pertunjukan (performer) hanya mempunyai kewajiban untuk membayarkan royalti atas performing rights kepada Lembaga Manajemen Kolektif Negara (LMKN)," begitu pernyataan yang disampaikan pihak Once.

Dalam pernyataan itu, Once Mekel sekaligus memberikan undangan terhadap awak media. Ia berencana untuk menjelaskan duduk perkara masalah tersebut.

 

Peraturan Hak Cipta Lagu

Pemerintah telah mengeluarkan peraturan terkait Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 30 Maret 2021 lalu.

Dalam aturan tersebut memuat tentang kewajiban pembayaran royalti bagi setiap orang yang menggunakan lagu dan/atau musik secara komersial ataupun layanan publik.

Royalti dibayarkan kepada pencipta atau pemegang hak cipta lagu dan/atau musik melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Salah satu pihak yang wajib membayar royalti lagu adalah penyelenggara konser musik, pemilik supermarket dan pemilik hotel.

Untuk penyelenggara konser yang memberlakukan tiket kepada pengunjungnya simulasi besaran pembayaran royalti musiknya, yakni adalah hasil kotor penjualan tiket x 2 persen + dengan tiket yang digratiskan x 1 persen.

Sedangkan untuk penyelenggara konser yang tanpa permberlakuan tiket kepada para penontonnya harus membayar royalti lagu dengan hitung-itungan total biaya produksi x 2 persen.

Juga Pasal 14, royalti yang dihimpun LMKN menyebut untuk tiga hal, yakni didistribusikan kepada pencipta, pemegang hak cipta, dan pemilik hak terkait yang telah menjadi anggota LMKN; dana operasional; dan dana cadangan.

 

Once Keluar Dewa 2011

Once Mekel masuk dan menggantikan posisi vokalis Dewa 19, yang ditinggalkan oleh Ari Lasso pada tahun 1999.

Lalu, Once Makel memutuskan keluar dari Dewa 19 pada 2011 lalu. Praktis band yang didirikan Ahmad Dhani itu sudah tak punya vokalis tetap. Dalam setiap aksi panggungnya, Dewa 19 menggunakan empat penyanyi top Indonesia, yang dua diantaranya mantan vokalis yang sudah keluar, yakni Ari Lasso dan Once Mekel.

Dikutip dari HAI-Online.com, Andra Ramadhan, teman Dhani, mengatakan kesan pertama yang dirasakan ketika pertama kali melihat Ahmad Dhani adalah dia sosok yang nyebelin.

Baca Juga: Asmara dengan Rizky Irmansyah Diduga Kandas, Nikmir Curhat Dianiaya Mantan Kekasih

Selain itu, Andra juga menanggapi pernyataan Ahmad Dhani yang bilang kalo bikin lagu zaman sekarang susah lakunya meski lagu itu bagus.

Menurutnya, ada alasan Ahmad Dhani bilang kayak gitu, salah satunya mungkin karena Dewa 19 hingga sekarang belum ada vokalis.

"Mungkin karena Dewa belum ada vokalis pengganti mereka berdua itu (Ari Lasso dan Once), mungkin itu yang membuat dia jadi males mikir-mikir. Sebenarnya bisa aja sih menurut gue, orang dia jenius di musik, nggak akan ada habisnya ide-idenya," tuturnya.

 

Pencipta Nama Dewa

Andra Ramadhan  menjelaskan bahwa orang yang menemukan nama Dewa adalah Dovie. Dovie yang kini diketahui adalah manajer dari penyanyi Andien. "Berarti, aku ngaku-ngaku dong selama ini?" kata Ahmad Dhani sambil tertawa.

Ahmad Dhani ternyata selama ini mengaku-ngaku sebagai orang yang menciptakan nama bandnya, Dewa atau kini dikenal sebagai Dewa 19.

Dalam konten video Backchat terbarunya, Andra Ramadhan mengungkapkan siapa pencetus nama Dewa sebenarnya.

"Yang ngasih nama Dewa siapa?" tanya Andra Ramadhan seperti dikutip Kompas.com dari YouTube Video Legend, 24 Juli 2020 lalu.

"Aku. Siapa? Bukan aku ya?" jawab Ahmad Dhani sambil tertawa dan berusaha mengingat.

 Ahmad Dhani langsung kebingungan ketika Andre Taulany menyodorkan sebuah pertanyaan apakah memilih Ari Lasso atau Once Mekel.

Publik tahu dua orang tersebut sempat menjadi vokalis band Dewa 19 yang mana Ari Lasso pada era 1990-an dan berganti ke Once Mekel pada 2000-an.

Dan kebetulan, Andre memberikan pertanyaan tersebut lantaran ada Ari Lasso di samping Ahmad Dhani.

 

Pernyataan Ari Lasso

“Mas Dhani kalau ditanya lebih pilih Ari Lasso atau Once? Jawab jujur, Mas, jangan enggak enak ada Mas Ari (di sini),” tanya Andre Taulany dalam kanal YouTube Ahmad Dhani seperti dikutip Kompas.com, 10 Juni 2020 lalu.

Ari Lasso pun langsung memotong pertanyaan itu dan menjawab Dhani malah akan memilih Once.

Di situ, Dhani hanya tersenyum melihat Andre Taulany dan tiba-tiba dia menyebut nama Ari Lasso.

“Pasti Once, gue udah tahu jawabannya,” ujar Ari Lasso.

“Kayaknya udah gue jawab deh, berarti ya pilih Ari Lasso,” balas Ahmad Dhani.

Mendengar pertanyaan itu, Ari Lasso langsung membantahnya.

Pasalnya, dia pernah mendengar bahwa Dhani lebih memilih Once untuk band, sedangkan dia hanya untuk berteman.

“Dia (Ahmad Dhani) kemarin bilang gini, kalau band saya pilih Once, kalau berteman saya pilih Ari Lasso. Aku tuh lebih gampang dibully soalnya,” ucap Ari Lasso. n erc/jk/cr4/hai/ytb/arm/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU