Curi Mobil dengan Pecah Kaca, Bisa Raup Rp 1,10 M

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 27 Apr 2021 22:14 WIB

Curi Mobil dengan Pecah Kaca, Bisa Raup Rp 1,10 M

i

Para pelaku diinterogasi Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Pol Totok Suharyanto saat ditangkap usai melakukan pencurian dengan pemberatan yakni merusak kaca mobil. SP/Arlana byob

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, mengungkap kasus curat dengan modus pecah kaca mobil dengan total kerugian mencapai Rp 1,10 Milyar yang tersebar di 15 Tempat Kejadian Perkara di 9 wilayah hukum Polresta ataupun Polres jajaran Polda Jatim, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Polda Jatim: Angka Laka Lantas Turun 43 Persen

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko didampingi Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Pol Totok Suharyanto menjelaskan pengungkapan kasus pecah kaca ini berdasarkan laporan polisi dari sejumlah Polresta ataupun Polres jajaran Polda Jatim. "Dari laporan polisi itu kita kembangkan dan berhasil menangkap pelaku," terangnya didampingi Wadirkrimum Polda Jatim AKBP Nasrun Pasaribu serta Kasubdit Jatanras Polda Jatim AKBP Lintar Hardono.

Dari penangkapan ini polisi amankan tiga tersangka berinisial ASB (31), warga Kecamatan Kuripan, Probolinggo; NM (19), warga Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo dan A (35) warga Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo.

Dalam aksinya, kata Kabid Humas Polda Jatim, para pelaku melakukan tindakan pencurian dengan cara memecahkan kaca mobil yang sudah diincar oleh pelaku dengan menggunakan busi kendaraan bermotor sedangkan para pelaku lainnya, bertugas mengawasi keadaan sekitar. 

"Ketiga pelaku tersebut merupakan sindikat curat yang sudah profesional dalam melakukan aksinya yang sudah dimulai sejak tahun 2019 sampai 2021 dengan total hasil kejahatan dari 15 TKP, sebesar Rp 1.110.760.000," terangnya.

Baca Juga: Polda Jatim Tetapkan 3 Selebgram Sebagai Tersangka Kasus Investasi Bodong

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot memerinci 15 TKP diantaranya, probolinggo empat lokasi, Lumajang dan Pasuruan dua dan masing-masing satu lokasi di Bondowoso, Ngawi, Bojonegoro, Batu dan Sampang. “Kesembilan wilayah di jatim itu yang sudah disasar ketiga pelaku,” sebutnya.

Ternyata dalam melakukan aksinya, polisi melakukan pengembangan telah muncul 6 tersangka lainnya yang saat ini masih dalam pengejaran timsus Subdit Jatanras.

Kronologis kejadian dari salah satu TKP pada hari Senin (23/11/2020) sekira pukul 15.30 WIB, pelapor yang saat itu baru keluar dari bank BRI, pulang ke rumah di daerah kecamatan Wonomerto kabupaten Probolinggo.

Dalam perjalanan pelapor mampir ke minimarket Basmalah dan memarkirkan kendaraan di parkiran minimarket dalam keadaan terkunci. Korban belanja selang beberapa waktu alarm kendaraan berbunyi namun pelapor tidak menghiraukan, setelah selesai korban keluar, dan menuju kendaraannya, dan masuk kedalam mobil dari situ korban mendapati tas milik korban yang diletakkan dalam kendaraannya sudah tidak ada atau hilang. Akibat kejadian tersebut korban melaporkan ke Polres Probolinggo Kota dengan kerugian Rp 5 juta.

Baca Juga: Polda Jatim Target Zero Accident

Salah satu tersangka berinisial A, saat diperiksa mengaku dirinya melakukan aksi ini bersama teman teman dan mencuri menggunakan busi yang sudah dilembutkan dan diberi air ludah dicampur kemudian dilemparkan ke kaca mobil langsung retak dan langsung mengambil barang yang ada di dalam mobil. "Hanya dua menit beraksi, langsung dapat barang yang ada di dalam mobil," ujarnya.

Selain mengamankan para tersangka, polisi turut mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya tas warna hitam milik korban berisi SIM, STNK, KTP milik korban, uang tunai Rp 1,5 juta, 6 motor yang digunakan aksi kejahatan dan curian serta kartu ATM BCA. 

Akibat perbuatannya pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan masa tahanan mencapai 5 tahun. nt/cr3/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU