Daging Kurban Golkar Jatim Prioritaskan Warga Isoman

Ketua DPD Partai Golkar Jatim M Sarmuji dan panitia Idul Kurban, Gus Mamak saat menyerahkan secara simbolis hewan kurban di Surabaya, Senin (19/7/2021).

 
SURABAYA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Timur menyebar puluhan hewan untuk kurban di momentum Idul Adha tahun ini. Daging kurban Sapi dan Kambing itu diprioritaskan kepada masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) serta masyarakat umum.
 
Panitia Idul Adha Partai Golkar Jatim, Muhammad Bin Mu'afi Zaini mengatakan, total ada 14 ekor hewan kurban yang dikeluarkan pihaknya. Hal itu berasal dari sumbangan pengurus, anggota DPR RI Dapil Jatim serta dari Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim. 
 
"Secara prosedural, kami menyalurkan hewan tersebut pada beberapa lembaga untuk kemudian disalurkan pada jamaahnya. Kemudian juga akan disembelih untuk diedarkan pada dhuafa serta masyarakat yang membutuhkan," kata politisi yang akrab disapa Gus Mamak itu. 
 
Beberapa ekor memang disalurkan lewat lembaga seperti PW Muhammadiyah Jawa Timur, PWNU Jawa Timur serta LDII Jawa Timur. Sementara lainnya disembelih di Rumah Potong Hewan atau RPH untuk selanjutnya disalurkan kepada warga. 
 
Gus Mamak menyebut, khusus daging kurban yang akan diedarkan itu, pihaknya telah menyiapkan alur agar memastikan protokol kesehatan. Penyaluran itu dilakukan melalui beberapa pihak yang telah mengajukan terlebih dahulu. 
 
"Untuk mencegah kerumunan kita pakai sistem terdaftar," jelasnya. 
 
Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jatim M Sarmuji mengatakan, dirinya memang telah memberikan arahan kepada panitia agar penyaluran daging kurban tahun ini, juga memprioritaskan warga yang tengah melakukan isoman. 
 
"Karena isolasi mandiri ini harus dibantu, termasuk dibantu untuk makanan bergizi, makanan yang sehat, kebetulan ada Idul Adha menyembelih kurban. Kita minta kepada yang mau menyalurkan hewan kurban ini supaya memprioritaskan mereka yang melakukan isolasi mandiri," kata Sarmuji. 
 
Anggota DPR RI itu mengungkapkan, hal yang sama berlaku bagi pengurus yang juga menyalurkan hewan kurban agar juga melihat tetangga sekitar terutama yang melakukan isoman. 
 
"Sekarang di DPD Provinsi ada belasan ekor, tetapi di DPD Kabupaten/Kota insyaallah juga melaksanakan hal yang sama," ungkap Sarmuji yang juga menyumbang hewan kurban. 
 
"Jadi, kalau ini dilakukan di seluruh provinsi Jawa Timur, melalui DPD kabupaten/kota dan DPD Provinsi, mudah-mudahan setidaknya kita bisa membantu meringankan beban mereka yang saat ini tidak bisa keluar rumah, tidak bisa bekerja, kita berikan perhatian dalam bentuk daging kurban ini," lanjut Sarmuji. 
 
Dalam kesempatan itu pula, Sarmuji mengajak seluruh pihak untuk terus berdoa agar wabah virus ini segera berlalu. Di situasi macam ini, diharapkan terus memantik kesadaran betul untuk terus terus berusaha memungkasi pandemi. 
 
"Mudah-mudahan 17 Agustus besok, vaksinasinya sudah banyak di seluruh Indonesia. Sehingga, memungkinkan terbentuknya herd immunity. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir. Yang terpapar segera sembuh dan yang wafat kita doakan mudah-mudahan seluruh amal ibadahnya diterima dan dosanya diampuni," sambungnya. rko