Dalam Sehari, 2 Kebakaran Terjadi di Sumenep

Kondisi Puskesmas Gapura setelah dilalap si jago merah.

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Sebuah kebakaran hebat terjadi di Jl. Kemala, Kelurahan Bangselok, Kecamatan Kota Sumenep. Rumah milik Mohammad Bakri (55) alias Mat Kaset, hangus terbakar. Api juga melalap uang tunai Rp 100 juta milik korban.

Tak hanya uang ratusan juga, api juga menghanguskan sejumlah barang milik Mat Kaset. Mulai dari BPKB, perhiasan, burung dan barang berharga milik korban. Kerugian ditaksir mencapai Rp 300 juta.

“Tidak korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut. Namun pemilik rumah diperkirakan mengalami kerugian material sebesar Rp 300 juta,” kata Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Senin (09/08/2021).

Saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong karena pemilik rumah sekeluarga tengah berkunjung ke kerabatnya di Desa Pamolokan. Ketika korban pulang ke rumah, korban melihat ada kobaran api dari atap kamar belakang rumah.

"Kami masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran. Namun diduga akibat terjadinya arus pendek," pungkas Widiarti.

Sebelumnya, kebakaran juga terjadi di Puskesmas Gapura yang berlokasi di Jalan Raya Gapura, Kecamatan Gapura, Sumenep, Madura terbakar dini hari tadi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Tidak korban jiwa dalam kejadian kebakaran ini," kata Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti saat dikonfirmasi, Senin (9/8/2021).

Kebakaran itu pertama kali diketahui ketika Basri, pegawai honorer Puskesmas Gapura yang tinggal di depan Kantor Induk Puskesmas, diberitahu oleh Siddik, warga Desa Gapura Barat, bahwa diatas kantor induk Puskesmas Gapura terlihat ada percikan api.

Api dari sambungan kabel diatas bangunan kantor Puskesmas Gapura itu terlihat semakin membesar. Spontan Basir berteriak dan meminta tolong kepada tetangga sekitar untuk membantu memadamkan api, sambil menunggu kedatangan mobil pemadam kebakaran. 20 menit kemudian, mobil pemadam kebakaran pun tiba di lokasi dan berusaha memadamkan api yang sudah membesar.

Api baru bisa dijinakkan sekitar satu jam berikutnya. Api juga sempat merembet, melalap rumah dinas dokter Puskesmas Gapura, dr As’ad Zainudin.

“Kebakaran itu meludeskan arsip data pasien dan rekam medis pasien. Selain itu, kursi, rak, dan lemari arsip juga hangus terbakar,” ujar Widiarti.

Hingga saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut. Dalam musibah kebakaran itu  kerugian material diperkirakan sebesar Rp 75.000.000.