Dampak Banjir, KA Penumpang Tujuan Jakarta Hari Ini Dibatalkan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Feb 2021 19:31 WIB

Dampak Banjir, KA Penumpang Tujuan Jakarta Hari Ini Dibatalkan

i

PT KAI Daop 8 Surabaya melakukan pembatalan perjalanan KA untuk keseluruhan jadwal keberangkatan Minggu, 21 Februari 2021. .SP/PATRIK CAHYO 

SURABAYAPAGI, Surabaya - Cuaca ekstrim yang menyebabkan banjir sehingga menggenangi Ibukota Jakarta di area Daop 1 Jakarta, Minggu (21/02) mengakibatkan perjalanan KA Jarak Jauh terhambat, khususnya dari Jakarta menuju Surabaya atau sebaliknya. Hingga kini, ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh - Lemah abang Km 55 +100 s.d KM 53+600 terendam banjir dengan ketinggian air sampai dengan 150 cm.

Tidak hanya membuat jalur rel tergenang, namun banjir yang mengalir cukup deras juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus air. Tim prasarana KAI saat ini masih melakukan perbaikan secara berkala, salah satunya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air.

Baca Juga: KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 59 Lok dan 341 Kereta Penumpang

Dengan kondisi genangan air yang cukup tinggi tersebut, PT KAI Daop 8 Surabaya melakukan pembatalan perjalanan KA untuk keseluruhan jadwal keberangkatan Minggu, 21 Februari 2021.

Jadwal KA yang dibatalkan tujuan stasiun Pasar Senen dan Gambir dengan tujuan Pasar Senen meliputi KA 253 Jayakarta (Surabaya Gubeng-Pasar Senen) dan KA 129 Dharmawangsa (Surabaya Pasarturi-Pasarsenen).

Lalu jadwal KA Stasiun Gambir meliputi KA 75 Bima (Surabaya Gubeng-Gambir), KA 77 Sembrani (Surabaya Pasarturi-Gambir), KA 3 Anggrek (Surabaya Pasarturi-Gambir), KA 71 Gajayana (Malang-Gambir).

Baca Juga: KAI Daop 8 Surabaya Sediakan Kuota Ramadan Festive 32.720 Tiket Hemat untuk Mudik

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan kereta api yang terjadi di wilayah Daop 1 Jakarta yang diakibatkan tingginya curah hujan sehingga mengakibatkan banjir.

“Kami atas nama Manajemen KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang menggenangi jalur kereta api lintas Kedunggedeh - Lemahabang, Kab. Bekasi,” ujar Manager Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif.

Namun, para penumpang yang merasa dirugikan dengan dibatalkannya KA tujuan Jakarta dapat meminta uang ganti rugi dari pihak KAI Daop 1 maupun KAI Daop 8.

Baca Juga: PT KAI Mohon Maaf atas Kelambatan Perjalanan Kereta Api yang Melintas di Daop 7

"Kami sudah mengirim sms ke seluruh nomor penumpang. Bagi penumpang yang membeli secara online atau aplikasi maka kerugian akan dikembalikan 100% dan ditransfer kepada penumpang. Bila penumpang sudah hadir di stasiun, maka juga akan dikembalikan oleh pihak stasiun," jelasnya.

Sayangnya, KAI belum bisa memastikan  keberangkatan KA tujuan Jakarta selanjutnya. Sebab masih melihat situasi kondisi akibat banjir, dan proses perbaikan. Pat

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU