Dampak Pembatalan Haji 2021, Peminat Umroh Menurun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 05 Jun 2021 10:37 WIB

SURABAYAPAGI, Surabaya-Sudah tidak dipungkiri lagi, dampak pandemi covid-19 merupakan hal yang sangat ditakutkan oleh para pelaku ekonomi.Tak terkecuali pengusaha di sektor Travel Umroh dan Haji. Dan ini adalah pembatalan umroh dan haji kedua kalinya setelah sebelumnya di tahun 2020.

Dampak serius dirasakan Andalus Travel Haji & Umroh Service Informasi Konsultasi. Seperti yang diutarakan oleh Direktur Operational kepada Surabaya Pagi, Jumat (04/06/2021), pihaknya mengalami penurunan pendapatan akibat pembatalan ini dalam hal pelanggan umroh.

Baca Juga: Grand Launching Panglima Ekspres Lounge, Tawarkan Kemudahan Umroh dan Haji

"Masih beruntung, pada sektor haji tak begitu terdampak dikarenakan haji adalah sebuah kewajiban setiap muslim," ucapnya.

Baca Juga: Di Jombang, 339 Orang Belum Melunasi Biaya Haji 2024

Dia menambahkan, sejak awal sangat disayangkan tidak adanya action dari pemerintah itu untuk segera berkomunikasi dengan pemerintah Arab Saudi.

Baca Juga: Bertemu Arab Saudi, Dirjen Imigrasi Usul Layanan Istimewa Jamaah Haji di Bandara Solo dan Surabaya

"Semoga pemerintah sedikitnya ada empati bagi warganya yang mau menunaikan kewajibanya sebagai umat muslim. Setidaknya andai tahun ini di tiadakan, upayakanlah harapan masyarakat di Tahun 2022 bisa umroh dan haji kembali," harapnya.fem

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU