Dampingi Lawatan Jokowi ke UEA, HIPMI Jatim Pasarkan Kopi sampai Minyak Esensial

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 06 Nov 2021 16:55 WIB

Dampingi Lawatan Jokowi ke UEA, HIPMI Jatim Pasarkan Kopi sampai Minyak Esensial

SURABAYAPAGI, Surabaya - Lawatan Presiden Joko Widodo ke Dubai, Uni Emirat Arab, turut didampingi oleh para pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), termasuk dari Jawa Timur. HIPMI Jatim pun memanfaatkan momentum tersebut untuk mempromosikan produk-produk UMKM andalan.

“Ini momentum yang luar biasa. Pengusaha muda diajak ke Dubai Expo, ajang promosi terbesar di dunia. Kita memanfaatkan kunjungan ke Dubai untuk mempromosikan UMKM Jatim. Apalagi Dubai adalah hub internasional, tersambung ke banyak negara, sehingga ini kami optimalkan untuk membawa nama UMKM Jatim,” ujar Ketua HIPMI Jatim Rois S. Maming, Jumat (5/11).

Baca Juga: Kadin dan HIPMI Surabaya Fokus Tanggulangi Dampak Ekonomi pada Industri Startup

Sejumlah produk dibawa delegasi HIPMI Jatim. Di antaranya minyak esensial, kopi, cengkeh, pala, kemiri, rumput laut, parfum, dan kosmetik. “Semoga ini menjadi pintu masuk untuk memperkuat ekspor UMKM Jatim ke berbagai negara. Kami optimistis UMKM bisa menjadi pendorong pemulihan ekonomi yang luar biasa,” jelas Rois.

Dalam lawatan ke Dubai, delegasi HIPMI Jatim juga diterima oleh Direktur Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Dubai Muhammad Khomaini dan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi. Rois mengatakan, HIPMI Jatim akan semakin intens melambungkan UMKM untuk bisa memasuki pasar ekspor. Hal ini sesuai dengan program HIPMI Jatim untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Baca Juga: HIPMI Kota Surabaya Gelar Forbis dan Rakercab 2023

“Dengan menaikkan kelas UMKM Jatim untuk go national dan go international, tentu akan semakin meningkatkan skala usaha mereka, yang berujung pada pembukaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan,” papar Rois.

Sementara itu, Ketua Umum BPP HIPMI, Mardani H. Maming mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi serta mendukung langkah Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dan Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia untuk bisa lebih memberdayakan UMKM Indonesia dengan turut melibatkan para pengusaha muda di ajang Dubai Expo.

Baca Juga: Tekan Pengangguran, HIPMI Surabaya Bentuk Rumah Vokasi

Menurut Maming, saat ini memang perlu sekali adanya kolaborasi antara pemerintah, UMKM, asosiasi serta para pengusaha untuk bisa bersinergi bersama-sama dan berjuang memulihkan perekonomian Indonesia. Ia menjelaskan, untuk mengolaborasi program kerja Mendag dan Menteri Investasi, HIPMI juga mempunyai program kerja dalam memberdayakan UMKM Indonesia. Salah satunya, HIPMI bekerja sama dengan diaspora-diaspora Indonesia untuk memasarkan produk-produk UMKM.

"Hal ini juga bisa menjadi semangat untuk para anak-anak muda yang ingin mulai merintis usahanya untuk bisa saling berkolaborasi. Sehingga produknya bisa mempunyai daya saing bukan hanya bersaing di dalam negeri, tetapi juga harus bisa go internasional. Untuk itu kami dari HIPMI mengajak ketua umum HIPMI daerah juga untuk partisipasi acara ini agar bisa menggerakkan perekonomian daerah terutama dari sektor UMKM," ucapnya.by

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU