Dapat Kuota Data, Disdik Jatim Segera Lengkapi Dapodik

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi.SP/SP

SURABAYA PAGI, Surabaya - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan segera memberikan bantuan berupa paket internet gratis kepada siswa.

Bantuan ini sebagai upaya memberikan solusi kepada siswa yang mempunyai permasalahan mengenai ketersediaan paket data internet untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi mengatakan hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan nomor telepon siswa melalui data pokok peserta didik (dapodik).

"Hingga saat ini kami masih melengkapi dapodik. Paling lambat tanggal 11 September untuk SMA dan 12 September untuk SMK," ujar Wahid.

Namun demikian, Wahid mengaku masih belum bisa memastikan berapa besaran paket data internet yang diberikan oleh Kemendikbud tersebut.

Saat ditanya bagaimana dengan bantuan paket data internet dari Telkomsel yang bekerjasama dengan Kemendikbud, Wahid menjelaskan jika bantuan tersebut akan saling bersinergi.

"Akan saling bersinergi. Mengingat kuota yang dibutuhkan siswa untuk PJJ juga besar. Oleh karena itu guru harus menyesuaikan dengan ketersediaan kuota tersebut," jelasnya.

Diketahui sebelumnya melalui program kerja sama dengan Telkomsel, Disdik Jatim telah menyediakan kuota internet sebesar 10 Gigabyte (GB) per bulan bagi siswa SMA/SMK dan SLB negeri dan swasta se Jatim.

Tidak hanya siswa, lanjut Wahid, guru juga bisa menambah Rp 5.000 untuk bisa mendapatkan tambahan kuota sebesar 11 GB. Sehingga total kuota yang bisa digunakan sebesar 21 GB.

"Siswa ataupun guru nantinya juga bisa menambah 11 GB hanya dengan Rp 5.000. Sehingga totalnya 21 GB. Begitu juga dengan bulan berikutnya," pungkasnya. Adt