Dapat Penghuni Baru, Lapas Tuban Overload

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 25 Apr 2021 20:52 WIB

Dapat Penghuni Baru, Lapas Tuban Overload

i

Para napi dari Sidoarjo saat sampai di Lapas Tuban

 

SURABAYAPAGI.COM, Tuban - Lembaga pemsyarakatan kelas IIB Tuban mendapat 59 penghuni tambahan limpahan dari Lapas Kelas IIA Sidoarjo. Pemindahn para napi dilakukan menggunakan bus engan pengawalan ketat oleh petugas.

Baca Juga: BMKG: Gempa Susulan di Laut Tuban Terjadi 193 Kali Sejak Jumat Siang – Sabtu Malam

Dengan adanya 59 tahanan baru yang menghuni Lapas, kondisi lapas Tuban saat ini overload. Pasalnya, daya tampung lapas hanya 266 orang. Sementara jumlah penghuni lapas sebelumnya 306 narapidanan. Dengan kehadiran baru para napi dari Sidoarjo, lapas tuban alami peningkatan sebesar 19 persen.

"Saat ini total penghuni mencapai 365 orang terdiri dari 88 tahanan dan 277 narapidana, sedangkan kapasitas hunian berjumlah 266 orang," kata Kepala Lapas Tuban Siswarno, Minggu (25/4/2021).

Siswarno mengatakan, semua narapidana yang diterima sebelumnya dilakukan pemeriksaan kesehatan dan negatif hasil rapid test Covid-19 oleh tenaga medis Lapas Tuban. Tak hanya itu, barang bawaan para napi juga tak luput dari pemeriksaan, guna menghindari barang terlarang yang masuk ke lapas.

Baca Juga: Tuban Diguncang Gempa, Warga Surabaya dan Sidoarjo Rasakan Getaran, BMKG: Waspada Susulan

“Kita isolasi 14 hari, semuanya kita tempatkan di Blok C dan sebagian di kamar pengasingan Blok B,” tuturnya.

Selanjutnya ke 59 narapidana pindahan tersebut akan mengikuti masa pengenalan, pengamatan, dan penelitian lingkungan atau yang biasa disebut mapenaling.

Siswarno optimis dengan tambahan penghuni lapas sebanyak itu akan semakin menggenjot program pembinaan kemandirian dan kepribadian serta layanan di instansi yang dipimpinnya.

Baca Juga: Gempa 6,1 M Guncang Tuban Siang Ini, Terasa Sampai Surabaya hingga Yogyakarta

“Dengan tambahan sebanyak itu, kami akan tekankan program pembinaan agar kualitas pelayanan tetap dijaga,” pungkas pria dua anak ini. 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU