Dari Jajanan Ndeso, Kini Rambah Retail Modern dan Ekspor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 31 Agu 2021 09:17 WIB

Dari Jajanan Ndeso, Kini Rambah Retail Modern dan Ekspor

i

Yuni dengan salah satu produk jajanannya. SP/ LMG

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Dari usaha jajanan ndeso, Sri Wahyuni pun kini sukses merambah retail modern dan ekspor. Bahkan, Ia mendapat julukan ratu jagung dari Lamongan. Hasil olahan UD Lembah Hijau yang dikelolanya, mulai keripik jagung, mbothe (umbi talas), hingga keripik sukun.

Sebelum mendapat hasil yang dicapai saat ini, perjuangan keras Yuni juga sempat dilakukan untuk mengubah jalan hidupnya. Setelah setahun berjualan keliling kampung, Yuni mulai rajin mengikuti berbagai pelatihan yang dilaksanakan UPT Pendidikan, Pelatihan, dan Promosi Ekspor Surabaya, sejak 2008.

Baca Juga: Banyuwangi Jadi Pilot Project Pengembangan UMKM Secara Nasional

Dan tahun 2009, setelah mengikuti pelatihan, lulusan pertanian di Blitar ini selalu membawa produk jagung dalam setiap pameran. Selain itu, Yuni juga mencoba memasarkan 1 produk jagung.

Julukan Ratu Jagung pun kini melekat pada sosok ibu 3 anak ini. Bahkan, saking melekatnya, pada saat pawai budaya di Lamongan beberapa waktu lalu, Yuni pun didapuk menjadi sosok seorang ratu jagung.

Baca Juga: Pj Wali Kota Ali Kuncoro Komitmen Lindungi Wirausaha Rentan Melalui DBHCHT

Kini berkat keuletannya, Yuni bisa merasakan manis usahanya. Yuni kini rutin memasok ke berbagai peritel modern yang ada di Pulau Jawa. Dia juga menerima order pesanan dari luar pulau dan ekspor ke luar negeri.

"Kemarin saya menerima order dari pemprov untuk hari jadi provinsi Jatim dan ini juga sedang melayani pesanan pemprov untuk Hari Pahlawan besok. Kalau pemprov, rutin memesan 2 ton keripik talas dan 3 ton keripik jagung," kata Yuni.

Baca Juga: Dukung UKM Lokal, UNIQLO Hadir di Unimas District

Di sela-sela memasarkan produknya, saat ini Yuni juga menjadi pemateri pelatihan berwirausaha di berbagai tempat. Selain sibuk memasarkan produknya, Yuni juga membuat sejumlah produk inovasi. Di antaranya adalah krupuk kopi yang juga sudah diminta oleh pasar luar negeri. "Baru saja, ada dari Malaysia yang datang untuk melihat produk krupuk kopi saya dan langsung memesan," terangnya. Dsy2

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU