Dari Usaha Travel, Kini Eksis Budidayakan Anggrek

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 27 Agu 2021 09:41 WIB

Dari Usaha Travel, Kini Eksis Budidayakan Anggrek

i

Bupati Anas menilik usaha anggrek Rohimah. SP/ BYW

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi – Rohimah yang dulunya memiliki usaha travel, kini berinovasi membuka pembudidayaan Anggrek dengan melibatkan warga sekitar. Selain karena penggemar anggrek, Rohimah melihat kondisi pandemi yang membuat orang harus banyak tinggal di rumah menjadikan berkebun sebagai salah satu cara orang untuk membunuh waktu luangnya.

"Membudidayakan Anggrek jadi pilhan kami. Selain tanaman yang sedang dicari orang, saya pikir tanaman yang berbunga pasti akan lebih diminati orang. Berbekal hobi merawat anggrek, kami pun lalu bertekad mulai menekuni ini sejak Juni 2020 lalu," kata dia.

Baca Juga: Bupati Ipuk Ngantor di Desa Bumiharjo

Dalam pembudidayaan ini, Rohimah memberdayakan warga sekitar lewat proses pembibitan. Warga dilibatkan untuk perawatan dan pembesaran bibit dalam pot, yang jumlahnya mencapai ribuan pot.

"Kami menitipkan ke warga sekitar untuk pembesaran bibit, nanti kami berikan upah pembesarannya. Mereka juga kami beri kesempatan untuk ikut menjual tanaman anggrek yang ada disini," terangnya.

Saat ini, kata dia, mereka dibantu laboratorium dari Malang untuk pengembangan varietas anggrek. Menurutnya, ini diperlukan, karena ke depan mereka tidak sekadar melakukan budidaya, namun tempat ini juga akan menjadi pusat edukasi anggrek yang bisa memberikan pengetahuan dan pelatihan budidaya.

Harapan kami, di sini jadi tempat rehabilitasi tanaman anggrek hingga menjadi museum anggrek spesies Raung,"cetusnya.

Ke depan Rohimah memiliki impian untuk menjadikan desanya sebagai kampung anggrek. Dimana setiap rumah bisa menjadi pembudidaya anggrek dan menjulanya kepada konsumen.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Fasilitasi Mudik Gratis dari Bali

"Harapan kami kampung kami ini bisa menjadi sentra anggrek yang menjadi jujugan orang dari manapun untuk mencari anggrek. Sehingga kami semua bisa maju dan sejahtera bersama," ungkapnya.

Bupati Abdullah Azwar Anas berkesempatan menengok area pembudidayaan anggrek mereka di desa Jambewangi Kecamatan Sempu. Dia mengapresiasi kepada Rohimah keluarga yang tidak menyerah dengan keadaan. Justru mampu berinovasi melalui potensi yang dimilikinya hingga menjadi sumber ekonomi.

"Bu Rohimah ini contoh pelaku usaha yang gigih dan mampu beradaptasi dengan keadaan. Sangat inspiratif untuk ditiru oleh pelaku usaha lainnya yang terdampak pandemi," ujar Bupati Anas.

Baca Juga: Ratusan Warga Banyuwangi Dilatih Keterampilan Khusus

Anas pun meminta Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi untuk terus melakukan pendampingan. "Dinas Pertanian tolong memfasilitasi apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mereka. Terutama pemasaran produknya," kata Anas. Dsy5

 

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU