Darurat Bencana, Danlantamal V: Prajurit TNI AL Harus Siap Siaga

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Feb 2021 16:18 WIB

Darurat Bencana, Danlantamal V: Prajurit TNI AL Harus Siap Siaga

i

Prajurit AL saat mengevakuasi korban banjir di Pekalongan. SP/Dispen Lantamal V

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Memasuki tahun 2021, sejumlah bencana menerpa berbagai wilayah Indonesia. Mulai dari gempa bumi di Mamuju, banjir di Kalimantan selatan dan Pekalongan hingga longsor di Nganjuk Jawa Timur.

Bahkan BMKG juga merilis aktivitas gempa di tahun 2021 cukup tinggi. Selama bulan Januari saja, terjadi 85 kali kejadian kegempaan yang tersebar mulai dari Aceh, Nias, Bengkulu, dan Lampung. Gempa juga melanda daerah pesisir selatan Pulau Jawa, mulai dari Banten, Jabar, dan Jateng.

Baca Juga: 16 Titik di Kota Malang Terendam Banjir

Tanggap akan hal tersebut, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V, Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, SE., MM., M.Soc., Sc. mengingatkan agar seluruh prajurit TNI AL selalu siap sedia tatkala bencana alam terjadi.

"Kesiapsiagaan prajurit TNI AL harus terus terjaga, baik itu personel, sarana dan prasarana, serta tim kesehatan yang siap digerakkan dalam merespon berbagai situasi, termasuk terjadinya bencana alam," kata Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, Minggu (21/02/2021).

Sebelumnya prajurit AL telah membantu para korban bencana alam baik di Mamuju dan kalsel dengan memberikan bantuan kemanusian berupa sembako dan kebutuhan pangan lainnya.

Baca Juga: Gudang Peluru Kadaluarsa Milik Kodam Terbakar, Tanpa Korban

Tak hanya itu, prajurit TNI AL juga ikut mengevakuasi korban banjir di pekalongan pada Sabtu (20/02/2021) lalu. Kurang lebih telah ada sekitar 3221 warga yang telah dievakuasi oleh prajurit TNI AL.

"Ini respon cepat TNI AL terhadap bencana. Lantamal V menyiagakan pangkalan dan satuan di bawahnya untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam, serta secepatnya melaksanakan evakuasi terhadap masyarakat yang membutuhkan pertolongan," katanya

Selain kesiagaan dalam mitigasi bencana, Lantamal V juga berupaya bekerjasama dengan sejumlah stakeholders dalam memutus  mata rantai covid-19.

Baca Juga: Pemkot Batu Kirim Bantuan untuk Korban Banjir di Jateng

"Kami akan terus bersinergi dengan instansi pemerintah khususnya dalam membantu mengatasi penanggulangan covid-19," pungkasnya. sem

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU