Daun Kelor yang Mampu Atasi Berbagai Penyakit Pada Kesehatan Mata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 28 Mar 2021 10:29 WIB

Daun Kelor yang Mampu Atasi Berbagai Penyakit Pada Kesehatan Mata

i

Daun Kelor untuk mengatasai penyakit mata. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif. Kandungan antioksidan pada daun kelor inilah yang dapat membantu tubuh mencegah berbagai penyakit kronis yang dapat membahayakan. Pasalnya, kandungan antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang tinggi.

Radikal bebas yang tinggi sendiri bisa meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung.

Baca Juga: DJP Jatim 2 Gandeng Media untuk Tingkatkan Pencapaian Target Pajak

Manfaat dari daun kelor yang terakhir adalah untuk penglihatan. Daun berwarna hijau ini memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai penyakit yang terkait dengan kesehatan mata. Mungkin bagi sebagian orang akan terasa asing dengan manfaat daun kelor yang ini. Karena banyak masyarakat yang hanya menganggap jika kelor berguna untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak saja.

Padahal, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ternyata daun kelor dapat membantu menyehatkan mata. Tidak hanya menyehatkan mata, nyatanya daun kelor juga bisa mencegah pelebaran pembuluh retina, penebalan membran kapiler, dan menghambat kerusakan pada retina.

Itulah kelima manfaat daun kelor yang harus kamu ketahui. Dengan berbagai manfaat untuk kesehatan tersebut, jangan ragu untuk mulai mengkonsumsi daun kelor secara rutin.

Daun kelor dipercaya bisa menyembuhkan mata minus. Berdasarkan penelitian daun kelor termasuk dalam makanan bergizi yang direkomendasikan (Recommended Dietary Allowance -RDA) karena kandungan vitamin A dan gizi pendukung lain.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Daun kelor sudah terbukti mampu menunda timbulnya penyakit degeneratif yakni penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan terhadap jaringan atau organ tubuh. Bahkan katarak dan glukoma pun bisa dicegah dengan daun kelor.

Manfaat daun kelor untuk mata yang pertama yakni membantu mempertajam penglihatan bagi penderita minus maupun rabun senja. Dengan mengkonsumsi daun kelor secara teratur, penglihatan akan menjadi lebih baik dan jernih. Berdasar riset kandung vitamin C tinggi dalam daun kelor lebih banyak tujuh kali lipat dibandingkan buah jeruk.

Vitamin C inilah yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mata secara menyeluruh termasuk mata minus. Vitamin C dalam daun kelor ini kaya akan antioksidan alami untuk melawan radikal bebas sehingga masalah mata bisa diatasi dengan baik.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Manfaat dari daun kelor selanjutnya adalah bisa mengatasi infeksi. Bakteri yang masuk ke dalam tubuh, bisa mengganggu kesehatan tubuh. Bahkan tidak jarang mendatangkan berbagai penyakit membahayakan bagi tubuh. Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwasanya daun kelor juga dipercaya sebagai tanaman yang mengandung senyawa antimikroba.

Selain itu, daun kelor juga memiliki kemampuan untuk memperlambat pertumbuhan kanker. Seperti yang kita ketahui, kanker merupakan salah satu penyakit membahayakan yang masih diteliti obat untuk mengatasinya. Penyakit ini juga menyerang berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia pun bisa terkena kanker. Dsy4

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU