Daun Kersen, Antiseptik Alami Obati Luka Hingga Infeksi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 04 Mei 2021 10:35 WIB

Daun Kersen, Antiseptik Alami Obati Luka Hingga Infeksi

i

Daun kersen atau talok. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Manfaat daun kersen atau talok ternyata jauh lebih ampuh sebagai obat herbal ketimbang buahnya. Daun kersen selain berkhasiat mengusir asam urat juga ampuh sebagai obat tidur alami. Selain itu daun kersen pun sudah dikenal sejak lama ampuh mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Tanaman herbal ini diketahui kaya dengan kandungan nutrisinya yang cukup banyak. Diantaranya kandungan protein, karbohidrat dan lemak. Juga ada vitamin A dan C yang sangat baik untuk tubuh, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Herbal ini juga mengandung sejumlah mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, betakaroten, tianin, niacin, dan riboflavin. Daun kersen juga mengandung senyawa saponin, flavonioda dan tannin yang bersifat anti tumor, antiseptik dan anti-inflamasi.

Kandungan dalam daun keren membuatnya dikenal sebagai herbal yang berkhasiat obat. Berikut ini beragam manfaat daun kersen untuk kesehatan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi berbagai penyakit.

Senyawa aktif dalam daun herbal ini juga efektif untuk meredakan dan mengobati asam urat. Rebus saja beberapa helai daun kersen dalam air hingga matang lalu saring dan minum airnya secara teratur.

Daun kersen juga merupakan antiseptik yang ampuh membunuh mikroba bakteri. Kandungan saponin, tannin dan flavonoid baik untuk pengobatan luka dan mengatasi infeksi pada tubuh. Kandungan flavonoid dan saponin dalam daun kersen merupakan antioksidan yang mampu mendorong sekresi hormon insulin. Manfaat daun kersen untuk penderita diabetes juga dapat menurunkan kadar gula.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Daun kersen juga berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Anda bisa membuat rebusan daun ini dan menyaringnya sebelum diminum secara teratur.

Selain itu, daun kersen juga bermanfaat untuk mencegah darah tinggi karena mampu mengontrol dan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Minum rebusan teh daun kersen untuk menjaga agar tekanan darah tidak naik.

Penyakit flu dan batuk umumnya disebabkan oleh bakteri. Daun kersen diketahui bersifat antibakteri yang ampuh mengusir penyakit ini. Minum saja rebusan daun talok ini untuk mengatasi flu dan batuk.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Manfaat daun kersen juga ampuh dalam mengontrol kadar kolesterol. Kandungan kimia dalam herbal ini selain menangkal radikal bebas juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Karena daun kersen juga diketahui mengandung zat aktif yang mampu merangsang peroksisom proliferator (PPAR) dalam tubuh yang berguna untuk melancarkan metabolisme glukosa. Hal ini berguna untuk menekan dan menangkal serangan stroke.

Tidak hanya itu, daun kersen juga kaya akan kandungan vitamin C yang berguna untuk membantu mengatasi sakit radang. Minum rebusan herbal ini sangat efektif mengatasi panas dalam, nyeri pada tubuh maupun sariawan. Dsy7

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU