David Alaba, Kunci Austria

David Alaba

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - David Alaba turut berperan dalam kemenangan timnas Austria atas Makedonia Utara dalam laga perdana penyisihan Grup C Piala Eropa atau Euro 2020. Kini, mantan pemain Bayern Munchen akan diandalkan untuk melawan Belanda yang akan digelar Jumat (18/6/2021) dinihari WIB.

Pada laga perdana, peran David Alaba cukup penting. Meski tidak mencetak gol, namun satu assist dan dua kreasi serangannya bisa berbuah gol.

Bukan hanya itu saja, Alaba juga mencatatkan 7 kali membuat ball recovery dan akurasi passing sebesar 90 persen, sebagaimana dikutip dari UEFA.

Tak heran pada laga tersebut kapten timnas Austria, David Alaba, dinobatkan UEFA menjadi pemain terbaik atau star of the match.

Penampilan baik Alaba pada laga tersebut mendapat pujian dari pengamat teknis UEFA, Cosmin Contra. "Dia (Alaba) sangat bagus dalam bertahan. Umpan silangnya untuk gol kedua Austria sangat luar biasa. Dia berkomunikasi terus-menerus dengan timnya," ujar Cosmin Contra.

David Alaba menjadi pemain serba bisa lantaran ia bisa bermain di berbagai posisi, yaitu bek kiri, bek tengah, hingga gelandang bertahan.

Ia mulai bisa bermain diberbagai posisi tersebut setelah bermain selama 13 tahun bersama raksasa Bundesliga Bayern Munchen. Namun setelah Euro 2020 selesai, Alaba akan memperkuat untuk Real Madrid dengan status bebas transfer. uefa/cr3/rm