Dekatkan Layanan dengan Roadshow Perijinan ke Kampung Nelayan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 15 Mar 2022 16:32 WIB

Dekatkan Layanan dengan Roadshow Perijinan ke Kampung Nelayan

i

Bupati saat memukul gong menandai dibukanya roadshow perijinan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Instruksi Gubernur Jatim Gubernur Khofifah Indar Parawansa, agar masyarakat nelayan bisa memiliki perizinan, guna mempermudah akses permodalan  akhirnya ditindaklanjuti oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)  Provinsi Jawa Timur dengan menggelar Roadshow Pelayanan Perizinan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Lamongan pada Selasa (15/3/2022).

Disampaikan Kepala DPMPTSP Provinsi Jatim Aris Mukiyono, kegiatan yang berlangsung pada tanggal 15-17 Maret ini selain memberikan ijin untuk para nelayan seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perikanan), SIPI (Surat Izin Penangkapan Ikan), TDKP (Tanda Daftar Kapal Perikanan), dan izin genset bagi nelayan, juga memberikan fasilitasi untuk pelaku usaha mikro dengan adanya pelayanan izin NIB (Nomor Industri Berusaha).

Baca Juga: Kini, Kabag Keuangan Lamongan Diperiksa KPK

“Hari ini kita bersinergi dan berkolaborasi dengan Kabupaten Lamongan untuk memberikan pelayanan perijinan gratis di sektor perikanan, UMKM, dan industri ikan. Kami berharap hal ini mampu membantu nelayan yang ketika dia bekerja menjadi peternak, UMKM sektor mikro, didukung dengan kepemilikan NIB, akan mempunyai akses permodalan,” terang Aris. 

 

Baca Juga: Lagi, KPK Periksa Kabag Perencanaan dan Keuangan Setda Lamongan

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyambut baik adanya roadshow pelayanan perizinan oleh DMPTSP yang dilaksanakan di Lamongan. Menurut beliau dengan kehadiran DMPTSP Provinsi Jawa Timur langsung di tengah masyarakat Lamongan untuk memberikan sosialisasi dan memudahkan pelayanan ini, benar-benar diharapkan mampu menjadi jawaban dan solusi atas kebingungan para nelayan terkait pengurusan perijinan untuk nelayan, industri ikan, juga UMKM.

“Saya atas nama nelayan di  Kabupaten Lamongan menyampaikan terima kasih kepada DPMPTSP Provinsi Jatim yang telah memberikan fasilitasi terhadap pemberian surat izin melaut, terutama tadi yang banyak diminati SIPI. Tentu ini memberikan kepastian bagi nelayan Lamongan untuk berusaha. Ada sekitar 400 kapal yang ada di sini, dan kebetulan tadi kita sampaikan bahwa hampir 80 sampai 90 persen masih belum mempunyai izin. Alhamdulillah dengan kesempatan selama 3 hari ke depan dapat memberikan sesuatu yang luar biasa bagi nelayan,” kata bupati yang kerap disapa Pak Yes ini menerangkan. 

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Pak Yes mengajak masyarakat untuk memanfaatkan betul kesempatan tersebut, sehingga pelaku usaha juga nelayan di Lamongan khususnya di Kecamatan Brondong dan sekitarnya lebih tenang dan nyaman dalam melakukan usaha.

“Dengan memiliki berbagai surat perijinan tersebut, akan memberikan kemudahan akses permodalan dan kenyamanan dalam melakukan usaha. Untuk itu, ayo semuanya manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, mumpung gratis, mumpung yang memberi ijin datang langsung ke Lamongan. Teman, sanak saudara yang belum tahu mohon untuk diberi kabar, agar panjenengan semua semakin tenang dan mantap dalam melakukan usahanya,” pungkasnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU