Deklarasi Kampung Moderasi Beragama

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 05 Feb 2023 17:45 WIB

Deklarasi Kampung Moderasi Beragama

i

Deklarasi Kampung Beragama dalam acara Perayaan Tahun Baru Imlek di Klenteng Hoo Tong Bio

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Perayaan Tahun Baru Imlek yang dikemas dalam Festival Imlek dan menjadi rangkaian pelaksanaan Banyuwangi Festival (Bifest)  2023, menjadi momentum penting kerukunan umat beragama di Banyuwangi.

Bersamaan dengan acara yang digelar di halaman Klenteng Hoo Tong Bio, Sabtu (4/1) malam, resmi dideklarasikan terbentuk "Kampung Moderasi Beragama" yang diikuti oleh para pemuka agama yang Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Budda.

Baca Juga: Polisi Razia Pedagang Petasan di Banyuwangi

Acara yang dihadiri Bupati Ipuk Fiestiandani dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Banyuwangi, KH Muhammad Yamin, LC, itu dimeriahkan dengan penampilan sendratari dan musik berjudul: "Putri Pertiwi" yang digarap dengan sangat bagus oleh Romo Pastur Adi.

Sendratari yang dipersembahkan oleh Pemuda Lintas Iman Banyuwangi itu benar-benar menarik perhatian masyarakat. Selain menyiratkan semangat persatuan dan  kerukunan, tontonan itu juga menebar keharuan di kalangan penonton yang hadir.

Baca Juga: Pelabuhan di Banyuwangi Ramai Dipadati Pemudik

"Aku Putri Indonesia, dari Etnis Tionghoa" ucap salah satu pemain dari etnis Tionghoa, yang membuat penonton  terkesima.

Bupati Ipuk Fiestiandani dalam sambutannya mengatakan, momentum Hari Raya Imlek yang mengedepankan kerukunan dan persatuan ini semakin menguatkan tekad untuk bersama-sama membangun Banyuwangi kedepan.

Baca Juga: Kampung Nelayan Modern akan Dibangun di Banyuwangi

"Perayaan Imlek ini merupakan bagian dari merajut harmoni. Kita berharap ini akan terus meningkatkan kerukunan, memahami perbedaan dan tingginya rasa 'tepo seliro' masyarakat," kata Bupati. bud

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU