Demo di Situbondo, Massa Bentrok dengan Polisi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Nov 2021 18:54 WIB

Demo di Situbondo, Massa Bentrok dengan Polisi

i

Aksi demo massa PMII Situbondo

SURABAYAPAGI, Situbondo - Dalam beberapa pekan terakhir ini pupuk di Situbondo mengalami kelangkaan. Atas hal tersebut, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam PMII Situbondo mendatangi Kantor Pemkab Situbondo meminta Bupati Situbondo untuk menambah stok pupuk bersubsidi.

Selain pupuk langka, saat ini harga eceran tertinggi (HET) pupuk juga  melambung tinggi. Sehingga langka dan tingginya harga pupuk bersubsidi mulai dikeluhkan para petani di Kabupaten Situbondo.

Baca Juga: Aktivis Praja Sumenep Demo Soroti Peredaran Minol

Ironisnya, aksi demo yang awalnya berlangsung damai itu, sempat terjadi aksi dorong-dorongan antara mahasiswa dengan anggota Polres Situbondo. Bahkan, tiga mahasiswa menjadi korban pemukulan oknum polisi. Selain itu, dua anggota Polres Situbondo juga menjadi korban pelemparan para pendemo tersebut.

Aksi dorong-dorongan dan bentrok  fisik antara mahasiswa dengan polisi itu baru berhenti, setelah seorang koordinator aksi PMII Situbondo menjemput  tiga angggotanya, yang sempat diamankan petugas di halaman kantor Pemkab Situbondo.

Sementara itu, Ketua PMII Situbondo, Fathor Zainullah mengatakan, pihaknya sangat kecewa terhadap Bupati Karna Suswandi,  yang terkesan menghindar tidak mau menemui PMII, saat demo tentang kelangkaan pupuk.

“Karena terkesan tidak ada itikad baik dari Bupati Situbondo, kami akan datang dengan massa yang lebih besar lagi ke Kantor Pemkab Situbondo,”kata Fathor, Senin (22/11).

Baca Juga: APMP Jatim Gelar Aksi di Kantor KPU Bangkalan

Menurut dia, sebelum ratusan PMII mendatangi Kantor Pemkab Situbondo, dirinya membaca berita pemberitahuan dua media, yang menginformasikan jika Bupati Karna Suswandi,  akan mendistribusikan pupuk gratis.

“Yang dibutuhkan para petani bukan pupuk gratis, namun para petani justru membutuhkan pupuk bersubsidi,”bebernya.

Kecewa tidak ditemui Bupati Situbondo, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam PMII mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Situbondo. Mereka langsung ditemui Hadi Prayitno, salah seorang anggota DPRD dari Fraksi Demokrat Situbondo.

Baca Juga: Demo Tuntut KPK Putuskan Status Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor

 

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU