Demokrat Jatim Gelar Muscab di 17 Daerah, Politisi Muda Ayo Mendaftar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Mei 2022 17:22 WIB

Demokrat Jatim Gelar Muscab di 17 Daerah, Politisi Muda Ayo Mendaftar

i

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Dardak saat pelantikan beberapa waktu lalu. SP/RKO

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sukses menggelar Musyawarah Daerah VI , Partai Demokrat Jawa Timur yang diketuai Emil E Dardak kini mulai menggelar Musyawarah Cabang di 17 DEwan Pimpinan Cabang (DPC) Tingkat Kabupaten/kota.  Muscab di 17 Daerah tersebut digelar secara serentak dan membuka pendaftaran bagi para politisi muda yang mau berkiprah menjadi Ketua DPC untuk lima tahun mendatang.

17 Daerah yang akan memilih ketua DPC periode 2022-2027 ini antara lain Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, Jember, Lumajang,  Bojonegoro,  Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Tulungagung, Pamekasan, Sumenep, Bondowoso, Tuban, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Kota Batu dan Kota Blitar.   

Baca Juga: NasDem Persoalkan Pidato AHY, Demokrat Bentengi Anak SBY

Mugianto, Ketua BPOKK DPD Demokrat Jatim menjelaskan, Muscab serentak akan dimulai dengan proses pendaftaran sesuai PO Organisasi yang dikeluarkan oleh DPP Partai Demokrat untuk pemilihan Ketua DPD Provinsi maupun DPC Kabupaten Kota. Sesuai surat yang dikeluarkan DPD Demokrat Jatim Pendaftaran dibuka tanggal 18  Mei dan ditutup 20 Mei jam 24.00 WIB di Kantor DPD Partai Demokrat Jatim, Jalan Kertajaya Indah no 82 Surabaya. "Kita terbuka, yang penting kandidat Calon Ketua memenuhi syarat salah satunya mengantongi dukungan minimal 20 pemilik suara sah di masing masing DPC," ujar Mugianto, Kamis (19/5/2022).

Untuk pelaksanaan Muscab serentak tahap pertama kata Mugianto, akan dilaksanakan di Surabaya 27 Mei  2022 di Surabaya di Asrama Haji. Nanti para kandidat ini akan di tetapkan untuk menjadi calon Ketua. "Selanjutnya akan digelar fit and propertest yang dilakukan BPOKK DPD dan DPP secara online, itu untuk DPC DPC yang nantinya dalam muscab ditetapkan lebih dari 1 calon ketua," ungkapnya.  

Baca Juga: Bersyukur Bergabung dan Dukung Prabowo, AHY: Coba Masih di Tempat yang Lama, Hancur Lebur Betul

Dalam fit and proper test jelasnya, calon Ketua akan diminta menyampaikan visi misi, serta program partai kedepan jika terpilih sebagai Ketua. 

"Ini sebagai bahan pertimbangan kandidat mana yang memiliki kualitas yang terbaik. Nanti tim 5 yang akan memberi penilaian, 3 dari DPP dan 2 dari DPD. Setelahnya DPP yang akan mengeluarkan SK Ketua DPC terpilih," kata Mugianto.  

Baca Juga: Semua Butuh Koalisi

Namun Mugianto juga menyebutkan bisa saja muncul calon tunggal dalam Muscab tersebut. "Tapi bisa saja muncul calon tunggal. Nah, jika ternyata dalam pelaksaannya ada DPC yang hanya memiliki calon tunggal dan memenuhi syarat sesuai aturan, ya sudah langsung aklamasi, selesai," pungkasnya. rko   

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU