Demokrat Ngebet AHY Segera Dipilih Anies jadi Cawapresnya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Feb 2023 20:05 WIB

Demokrat Ngebet AHY Segera Dipilih Anies jadi Cawapresnya

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Deputi Bappilu Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, bicara terkait cawapres. Dia menyebut pihaknya menantikan Anies Baswedan segera menentukan cawapresnya di 2024.

"Kita berharap Mas Anies segera menentukan Cawapresnya agar bisa segera deklarasi paripurna Koalisi Perubahan beserta Capres dan Cawapresnya. Kita berharap ini bisa segera diputuskan, semakin cepat semakin baik," ucapnya.

Baca Juga: Yusril: Prabowo-Gibran Penuhi Syarat Dilantik Presiden

Lebih lanjut, Kamhar juga mengatakan setelah resmi PKS mendeklarasikan Anies, maka Sekber Koalisi Perubahan akan dibentuk. Dia menyebut ini sudah dibicarakan di internal koalisi.

"Selanjutnya pembuatan Sekber, penandatanganan nota kesepahaman dukungan tiga Ketum partai untuk pemenuhan presidential threshold 20%, komitmen memperjuangkan aspirasi rakyat akan perubahan dan perbaikan. Sudah dibicarakan. Kita tunggu saja waktunya," ujar dia.

 

Demokrat Tetap Kukuh

Sampai Jumat (24/2/2023), Partai Demokrat tetap kukuh pada pendiriannya untuk mendorong ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhohono atau AHY untuk menjadi cawapres pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Ya seperti ditegaskan Deputi Analisa Data dan Informasi, DPP Demokrat Syahrial Nasution Demokrat tetap akan memperjuangkan agar AHY menjadi cawapres pendamping Anies Baswedan. Sebab AHY lebih memiliki nilai jual berdasarkan hasil survei," kata seorang kader di Sekretariat Demokrat di Jakarta, Jumat (24/2/2023).

 

Baca Juga: AMIN dan Ganjar, Akui Saksinya Dintimidasi

Pendapat Surya Paloh

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY lebih dari pantas untuk jadi pendamping Anies Baswedan pada 2024. Kendati demikian, dia mengingatkan bahwa keputusan akhir soal calon wakil presiden berada di tangan Anies sendiri.

“Kalau ditanya pantas? Sekali lagi saya katakan, lebih dari pantas,” kata Paloh di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu, (22/2/2023).

 

Sikap PKS

Baca Juga: Dugaan Nepotisme Jokowi 'Dijlentrekkan' di Gedung MK

PKS resmi menetapkan calon presiden untuk diusung di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. PKS mengusung Anies Baswedan, menyusul langkah Partai NasDem yang sudah mendeklarasikan mantan gubernur DKI Jakarta itu sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Pembahasan itu mengerucut bahwasannya sosok yang dimaksud jatuh kepada Anies Rasyid Baswedan," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu di DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (23/2).

"Pasca keputusan Musyawarah Majelis Syuro yang ke-VIII ini, saya instruksikan kepada struktur, anggota, simpatisan PKS di seluruh Indonesia untuk mengenalkan dan menyosialisasikan Saudara Anies Rasyid Baswedan ke seluruh pelosok dan penjuru negeri sebagai bakal calon presiden RI yang diusung oleh PKS," kata Syaikhu.

PKS mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024 setelah Majelis Syuro PKS menggelar musyawarah. Deklarasi ini digelar sehari sebelum PKS menggelar rapat kerja nasional. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU