Demokrat Resmi Sodorkan Mahmud dan Henny ke MA

Bayu Airlangga saat menyerahkan usulan bacawali Kota Surabaya di kantor DPC Partai Demokrat, Minggu 19/7/2020. SP/RKO

SURABAYAPAGI, Surabaya - Setelah melalui proses panjang, Partai Demokrat akhirnya resmi menetapkan dua nama bakal calon wakil walikota Surabaya kepada Bacawali Mahfud Arifin. Hal ini menindaklanjuti surat tugas dari DPP partai berlambang Bintang Mercy terkait Pilwali Surabaya 2020.

Plt Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Bayu Airlangga membawa sendiri surat tugas berisi dua nama bacawawali dari internal Demokrat untuk mulai disosialisasikan ke DPC Partai Demokrat Surabaya.

"Surat tugas dari DPP Partai Demokrat sudah kita tindaklanjuti. Dan mengerucut pada dua nama yaitu M Machmud dan Siti Anggraenie Hapsari (SAH). Setelah ini akan langsung disetorkan kepada Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin," kata Bayu Airlangga, usai mengumumkan keputusan Partai untuk Pilwali Surabaya di kantor DPC Partai Demokrat Kota Surabaya, Minggu 19/7/2020. Kedatangan Bayu Airlangga disambut langsung Ketua DPC PD Kota Surabaya Lucy Kurniasari dan seluruh pengurus.

Bayu juga menyaksikan secara langsung kedua kandidat memaparkan visi misinya masing-masing.  Ia mengaku terksesan kepada kedua sosok tersebut.

Kandidat Wawali M Machmud, kata Bayu, adalah anggota DPRD Kota Surabaya tiga periode dengan jumlah suara terbanyak di Surabaya. Disamping itu, tidak pernah lepas dari tiga besar. "Pak Machmud sudah berpengalaman sebagai Ketua DPRD Surabaya, dan perolehan suara di Pileg selalu terbanyak," terangnya.

Sementara kandidat Henny (SAH), lanjut Bayu, adalah seorang yang berprofesi sebagai ahli notaris dan menjadi Ketua Ikatan Notaris Indonesia wilayah Jawa Timur. "Apalagi Surabaya ini ada satu permasalahan yaitu Surat Ijo yang tidak bisa selesai. Jadi kedepan masalah surat ijo di Surabaya dapat terselesaikan," jelasnya.

Bayu pun berharap Bakal Cawali Surabaya Machfud Arifin bisa memilih salah satu dari dua kandidat Partai Demokrat. "Mudah-mudahan Pak Machfud memilih salah satu dari dua kandidat kami," tambahnya.

Pihaknya telah menyerahkan sepenuhnya kepada Bacawali Machfud Arifin atas pilihan pendampingnya. Bayu mengungkapkan bahwa Partainya telah berkomitmen mendukung dan memenangkan Mantan Kapolda Jatim ini.

"Keputusan ini segera kami kirim ke Pak MA," tegasnya.

Sementara, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya, Lucy Kurniasari, mengatakan dua kandidat itu diajukan karena punya kekuatan dalam mendulang suara untuk membantu memenangkan Machfud Arifin. “Karir mereka sangat mendukung untuk menjadi calon Wali Kota Surabaya,” tegas Anggota Komisi IX DPR RI ini.rko