Denmark Ingin Pakai Kaus Pro HAM, FIFA Tolak Mentah - Mentah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 11 Nov 2022 14:08 WIB

Denmark Ingin Pakai Kaus Pro HAM, FIFA Tolak Mentah - Mentah

i

Gelandang Timnas Denmark Christian Eriksen. Foto: AFP.

SURABAYAPAGI.COM, Copenhagen - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menolak dengan tegas permintaan Denmark untuk bisa memakai kaus bertema pro hak asasi manusia (HAM) saat menjalani sesi latihan saat Piala Dunia 2022 nanti di Qatar. Hal tesebut disampaikan oleh Federasi Sepak Bola Denmark (DBU), Kamis (10/11/2022).

“FIFA menolak permintaan Denmark agar diperbolehkan memakai kaus bertuliskan "Hak Asasi Manusia untuk Semua”, kata juru bicara DBU kepada AFP.

Baca Juga: Belum 4 Tahun, Gedung di Jakarta yang Didanai Rp 4,5 Triliun, akan Dibongkar

FIFA menolak rencana Denmark tersebut lantaran menurut badan sepak bola dunia itu, kaus latihan Denmark mengandung pesan bernada politis.

Namun, melalui juru bicaranya, DBU membantah bahwa kaus yang akan dipakai para pemain tersebut bernada politis, namun hanya berisikan pesan kemanusiaan untuk semua orang.

“Kami percaya pesan human rights for all bersifat universal dan bukan panggilan politik, tapi sesuatu yang semua orang bisa dukung,” sambung Jensen.

Meskipun kecewa dengan keputusan FIFA, tim nasional Denmark akan mematuhi larangan tersebut agar terhindar dari sanksi dan denda.

Baca Juga: Akhirnya, FIFA Resmi Keluarkan Sanksi Administrasi ke Indonesia

Qatar menghadapi kritik atas catatan hak asasi manusianya terkait perlakuan terhadap pekerja asing pada proyek infrastruktur besar untuk Piala Dunia 2022 serta hak-hak perempuan dan LGBTQ.

Sejak lama memusuhi penyelenggaraan Piala Dunia di Qatar, federasi Denmark ingin menjadi yang terdepan dalam membela hak asasi manusia selama turnamen yang dimulai pada 20 November itu.

"Kami telah mengirimkan permintaan kepada FIFA, tetapi tanggapannya negatif. Kami menyesali, tetapi kami harus memperhitungkannya," kata direktur DBU Jakob Jensen kepada Ritzau.

Baca Juga: Ketua PSSI, Tunggu Sanksi FIFA

Pihak FIFA memilih untuk tidak berkomentar lebih lanjut perihal ini. Dalam aturan FIFA memang setiap peralatan tim tidak boleh memiliki slogan, pernyataan, atau gambar politik, agama, atau bersifat pribadi.

FIFA yang melarang semua pesan politik pekan lalu mendesak tim-tim agar "fokus kepada sepak bola" dan tidak menyeretnya "ke dalam pertempuran ideologis atau politik".

Meskipun tidak bisa memakai kaus latihan khusus, Denmark akan tetap memakai jersey khusus saat berlaga dalam pertandingan Piala Dunia 2022 nanti. cpn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU