Desa Agrowisata Berpotensi Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 25 Jun 2021 15:07 WIB

Desa Agrowisata Berpotensi Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

i

Caption: Bupati melihat langsung master plan Agrowisata di Desa Sugihan Kec Solokuro.SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Kondisi yang masih dilanda pandemi, desa-desa di Lamongan mulai terus menggerakkan potensi desa, salah satunya dari sektor wisata. Karena sektor ini diyakini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat berbarengan dengan UMKM.

Hal itu disampaikan oleh bupati Yuhronur Efendi, saat melakukan penanaman pohon durian di Desa Sugihan Kecamatan Solokuro bersama dengan Dandim 0812 Letkol Infantri Sidik Wiyono, dan Wakapolres Lamongan, Jum'at (25/6/2021).

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Truk Tabrak Tronton

Disebutkan oleh bupati, sektor pariwisata saat ini terus digenjot, dan pariwisata ini nanti juga dikoneksikan dengan sektor lain yang bisa menambah pendapatan asli daerah, dan desa-desa sekarang, contohnya Desa Sugihan sudah bergerak menuju itu, untuk menambah income desa.

Melihat fenomena seperti ini, bupati Lamongan ini meyakini kebangkitan ekonomi benar-benar bisa dirasakan."Saya optimis kebangkitan ekonomi di Lamongan bisa tumbuh dan berkembang, karena variabelnya sudah kelihatan salah satunya agrowisata," ujarnya saat datang ke desa Sugihan, bupati milenial ini menaiki motor trial.

Di Desa Sugihan misalnya, punya potensi yang cukup besar, banyak tanaman-tanaman buah yang sehingga mendukung untuk dijadikan sebagai Desa Agrowisata. Ditambah dengan ide dan inovasi yang dilakukan oleh aparat desa dan masyarakat melalui BUMDes setempat semakin menumbuh kembangkan potensi yang ada.

Dalam kesempatan kali ini, bupati Yes mengajak pihak perbankan dalam lawatan tersebut untuk menunjukkan potensi Desa Sugihan sebagai Agrowisata agar kedepannya dapat memberikan dukungan dana kepada UMKM yang ada di sekitarnya.

8ad39a68-666f-474a-8555-b75a5b4fec998ad39a68-666f-474a-8555-b75a5b4fec99

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 24 Miliar

Caption: Bupati bersama rombongan menikmati durian hasil tanaman warga desa Sugihan Solokuro.SP/MUHAJIRIN KASRUN

Sementara itu, Kades Sugihan Khusnul Sakin menyebutkan jika sebelumnya di Desanya hanya terdapat 20-30 buah pohon durian yang siap panen, saat ini sudah terdapat 2.500 batang pohon durian.Tak hanya durian, beberapa buah juga telah ditanam untuk mendukung Desa Sugihan sebagai Desa Agrowisata,

“Selain durian, kami juga menanam pohon pisang cavendis yang kurang lebih ada 4.000 pohon. Ada pohon jeruk, belimbing, kelengkeng dan rambutan. Selain menanam beberapa macam buah, disini juga telah disiapkan ojek dan kereta kelinci untuk mengangkut para pengunjung, jalan usaha tani pun sudah berupa beton,” ungkap Khusnul Sakin

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Khusnul Sakin menambahkan bahwa kedepannya disediakan satu hektar tanah bengkok desa untuk dibangun gazebo-gazebo sebagai tempat istirahat dan bekerjasama dengan UMKM setempat untuk menyediakan produk olahan makanan.

Dia berharap kedepannya Desa Agrowisata Sugihan ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata baik masyarakat Lamongan maupun luar Lamongan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Usai melakukan penanaman pohon dan peninjauan desa Agrowisata Sugihan, Bupati Yes bersama rombongan melakukan peninjauan penerapan PPKM mikro di Desa Tebluru Kecamatan Solokuro.jir

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU