Desa Carat Kecamatan Gempol Pasuruan Gelar Musrembangdes

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 30 Agu 2021 17:47 WIB

Desa Carat Kecamatan Gempol Pasuruan Gelar Musrembangdes

i

Desa Carat kecamatan Gempol Pasuruan gelar Musrembangdes/ SP Hikmah

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Pemerintah Desa Carat Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan menggelar Musrembangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) dalam rangka  Penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun 2022 dan Penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023 di pendopo desa Carat, Senin (30/8/21).

Pada acara Musrembangdes tersebut hadir anggota DPRD Kab. Pasuruan  fraksi PKB  H.Samsul Hidayat, Camat Taufiqul Ghoni, Kades Edi Santoso Sekdes Suyanto, BPD Samsuri, Kader PKK, Kader Posyandu, Bidan desa, Bumdes, LPM Ach. Fatoni, Babinsa Sertu Muhammad Syaiful, Babinkamtibmas Bripka Karsono SH, M.M, RT, RW, Perwakilan Lembaga Pendidikan, Pokdarwis, Karang Taruna, tokoh agama  dan Tokoh masyarakat.

Baca Juga: Periode Pertama Khofifah, 9 Proyek Strategis Nasional Berhasil dirampungkan

Kades Carat Edi Santoso mengatakan, kegiatan Musrenbangdes merupakan agenda  tahunan yang dilaksanakan tiap tahun, dan sebagai bahan informasi ke masyarakat agar bisa mengetahui sejauh mana kegiatan pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dan lain lainya serta untuk menampung aspirasi masyarakat, mulai dari tingkat RT. Untuk tahun kemarin banyak anggaran yang terserap covid-19, mudah mudahan tahun ini covid-19 bisa mereda syukur kalau sudah tidak ada lagi, jadi anggaran bisa diserap untuk infrastruktur , tuturnya.

"Usulan yang harus diprioritaskan bukan hanya di pembangunan fisiknya saja, seperti jalan lingkungan dan bangunan lainnya. Namun untuk desa Carat kami akan memprioritaskan perencanaan pembangunan yang bisa mempunyai  nilai Tambah Ekonomi dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan seperti kios desa yang direncanakan berjumlah 14 unit kios secara bertahap, Pariwisata, pengembangan lapangan Carat dan di sektor pendidikan, kesehatan, kegiatan keagamaan,umkm dan lain sebagainya, untuk peningkatan Kesejahteraan masyarakat,” ujar Edi Santoso.

Dalam kesempatan tersebut Samsul Hidayat yang akrab dipanggil Lek Samsul, anggota DPRD Komisi II,  menyampaikan dalam sambutannya , " Perlu saya sampaikan, bahwa Musrenbang ini suatu perencanaan yang bagus yang dimulai dari Musdus untuk dibawa ke musrenbangdes, musrenbangcam, musrenbangkab, selanjutnya dibawa ke forum OPD, untuk dimasukkan ke dalam kotak  E-Playning, kedua dari DPR yaitu Pokok - Pokok pokok Pikiran anggota dewan, Kalau di Gempol ada Nik Sugiarti, Elyas dan saya, dari hasil reses atau cangkrukan masuk juga ke kotak E-Playning, sampai pada Rencana Kerja dan Anggaran (RKA),  yang  merupakan dokumen perencanaan dan penganggaran yang berisi rencana pendapatan, rencana belanja program dan kegiatan SKPD serta rencana pembiayaan sebagai dasar penyusunan APBD, di sinilah istimewanya musrenbang, tidak ada yang berani mencoret. " Ungkap Lek Samsul.

Baca Juga: Serap Aspirasi Anak, Pemkab Mojokerto Gelar Musrenbang Tematik Anak

Kegiatan Musrenbangdes merupakan harapan warga desa Carat yang bertujuan untuk membangun desa dari status  berkembang  menuju  status Maju saat ini dan kedepan berharap 2 tahun kedepan desa Carat bisa menjadi desa yang Mandiri dengan taraf hidup yang lebih sejahtera dan makmur.

" Untuk bisa menjadi desa Mandiri, kami akan melakukan tahapan - tahapan  pembangunan supaya bisa  mempunyai  nilai Tambah Ekonomi dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan, dengan cara, melakukan pembinaan, pelatihan, penyadaran masyarakat untuk berperan aktif membanguna desa,  selalu berinovasi dan kreatif dalam meningkatkan PAD, maka perlu mengoptimalkan Bumdes, sebagai lembaga ekonomi masyarakat, dimana bumdes sebagai lembaga ekonomi rakyat yang juga menjadi pilar demokrasi, bisa membantu meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa, meningkatkan usaha masyarakat, menciptakan peluang usaha, menciptakan lapangan pekerjaan, pengembangan ekonomi desa serta meningkatkan pendapatan desa. Jika pengelolaan Bumdes optimal, maka desa akan menjadi desa yang mandiri. " Lanjut Edi Santoso.

Baca Juga: Kepimpinan H.Slamet Junaidi, Pemikiran Pemuda Dilibatkan dalam Musrenbang

Harapan terlaksananya perencanaan pembangunan desa Carat tidak lepas dari pengawalan dari semua pihak, Pemdes, Camat, Anggota DPR, dan OPD, meskipun masih berupa usulan, bagaimana itu bisa terealisasi.

Terima kasih juga disampaikan oleh Camat Gempol Taufiqul Ghoni, peserta yang hadir tampak Guyub rukun, sehingga pelaksanaan musrenbangdes Carat berjalan dengan aman dan akomodir, dilanjut dengan dibukanya Acara musrenbangdes oleh Samsul Hidayat. Hik

Editor : Moch Ilham

Tag :

BERITA TERBARU