Desa Dukuhsari Sukses Gelar Karnaval 'Budaya Terus Melaju Untuk Indonesia Maju'

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 27 Agu 2023 17:16 WIB

Desa Dukuhsari Sukses Gelar Karnaval 'Budaya Terus Melaju Untuk Indonesia Maju'

i

Camat Jabon, Kapolsek Jabon dan Kepala desa Dukuhsari dalam acara karnaval budaya, Minggu (27/08/2023). SP/Hikmah

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Masih dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 tahun 2023, Pemerintah Desa Dukuhsari Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo sukses menyelenggarakan lomba karnaval budaya yang diselenggarakan pada minggu (27/08/2023) siang.

Lomba karnaval budaya Desa Dukuhsari tersebut diberangkatkan oleh Camat Jabon Didik Irwanto S.Sos didampingi Kapolsek Jabon AKP Soemarsono pada pukul 13.10 WIB berjalan dengan sukses, aman dan meriah. Peserta lomba karnaval pun diikuti oleh 18 RT yang berada di wilayah desa Dukuhsari.

Baca Juga: Wujudkan Transparansi Publik, Pemdes Pilang Pasang Baliho APBDes

Dengan memakai kostum berbagai budaya Nusantara, dimana ke 18 regu saling unjuk kebolehan depan dewan juri pada saat start depan kantor Kecamatan Jabon, oleh panitia diberi waktu 7 menit untuk melakukan unjuk kebolehan, bernyanyi sambil berjoget dengan iringan yel yel yang mereka ciptakan dengan lucu dan kocak.

Lomba karnaval juga diisi dengan drum band dan Musik Patrol. Peserta yang terdiri dari laki dan perempuan dengan memakai kostum budaya nusantara sesuai dengan tema masing masing RT menambah semarak di siang hari minggu dengan mengambil start depan kantor Camat Jabon dan Finish di Dusun Karang Pakis RT 18.

Sedangkan untuk menentukan juara panitia menghadirkan dewan juri independen dari SMKN Jabon sehingga tidak bisa diintervensi oleh siapapun.

Selain beraneka warna kostum, yang dipakai peserta secara umum dominan berwarna hitam, juga ditengah tiap peserta ada arakan ogoh-ogoh yang diiringi musik yang ditempatkan diatas mobil pic up seperti tank amphibi, Hanoman raksasa, patung Proklamator Bung Karno, garuda raksasa, beduk raksasa, masjid, sapi, kura kura raksasa, patung joko dolok, semua disesuaikan dengan tema RT masing masing.

Baca Juga: Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali Sidak Jalan yang akan Dibetonisasi di Desa Dukuhsari

Namun yang lebih menarik perhatian penonton dan para undangan adalah penampilan RT 09 dan RT 10 dengan kostum yang apik dan pesertanya yang kompak, rapi terutama RT 10 dan RT 03 dengan yel yel yang membuat penonton tertawa terbahak bahak karena yel yelnya dari kostum sampai asesoris semuanya disewa oleh donatur tunggal Cak Sugianto.

Sementara itu, ogoh ogoh yang bawah paling besar yaitu hanoman raksana serta patung proklamator Bung Karno. Yang bagus juga dari RT 03 ketua regu pimpinan Ratna Hartini dengan suara melengking bahasa yang jelas bikin penonton terkesima, kebanyakan tiap RT bagus bagus baik kostum maupun yel yel, sehingga juri akan jesulitan menentukan juaranya.

Karang taruna RT 16 juga menghipnotis penonton dengan drama teatrikalnya mengambil cerita para pejuang yang telah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah dengan pakaian compang camping yang digoresi warna merah serta siksaan lewat drama singkat yang cukup apik.

Baca Juga: Banyak Kepala Sekolah Dijabat Plt, Tidak Efektif

"Kegiatan karnaval budaya dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 tahun 2023 dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar warga Dukuhsari serta sumbangsih warga Dukuhsari untuk negeri tercinta karena dengan kegiatan semacam inilah yang ditunggu tunggu seluruh warga Dukuhsari ikut andil memeriahkan HUT kemerdaan Indonesia," ujar Kepala Desa Dukuhsari, Ihwan Widodo S.E, Minggu (27/08/2023).

Adapun peserta disediakan hadiah oleh Pemerintah desa Dukuhsari untuk juara 1, 2 dan 3 serta harapan 1, 2 dan 3 dengan total hadiah jutaan rupiah. Pengumuman juaranya akan diumumkan pada tanggal 16 September 2023 pada saat acara pengajian Kera Sakti yang diselenggarakan Pemerintah Desa Dukuhsari. hik/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU