Desa Rejeni Sebagai Pilot Project Tanaman Padi KODIM 0816 Sidoarjo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 15 Jun 2021 18:01 WIB

Desa Rejeni Sebagai Pilot Project Tanaman Padi KODIM 0816 Sidoarjo

i

Serma Sutrisno meninjau persawahan Desa Rejeni yang siap panen. SP/Hikmah

SURABAYAPAGI.COM Sidoarjo, Dalam rangka mewujudkan pembinaan ketahanan pangan tahun 2021 Kodim 0816 Sidoarjo terus melakukan pendampingan terhadap petani guna tercapainya swasembada pangan, hal ini terlihat bahwa Bintara Tinggi Staf Teritorial Kodim 0816 Sidoarjo telah bekerjasama dengan petani padi yang berada di Desa Rejeni Kec. Krembung Kab. Sidoarjo dengan membuat model/pilot project tanaman padi seluas +  2,1 Ha  pada selasa, (15/6/21).  

Kodim 0816 Sidoarjo melalui Bintara Tinggi Teritorial Serma Sutrisno telah melakukan pemantauan terhadap para petani yang akan melaksanakan panen padi di wilayah Kec. Krembung, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa panen padi yang akan dilakukan pada bulan Juni 2021 di berbagai wilayah Kab. Sidoarjo benar-benar aman dari berbagai serangan hama dan mampu memenuhi kebutuhan stok beras yang ada di wilayah Kab. Sidoarjo. Mengingat berbagai upaya Khusus yang dilakukan oleh para Babinsa di wilayah dalam melakukan pendampingan terhadap petani diharapkan mampu untuk meningkatkan ketahanan pangan secara terus menerus, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda hampir diseluruh belahan dunia sehingga kebutuhan pangan tentunya akan semakin meningkat. 

Baca Juga: Ratusan Warga Desa Kedinding Sidoarjo Terima Bansos Beras

Serma Sutrisno bintara tinggi staf teritorial menuturkan bahwa Kodim 0816 Sidoarjo dalam hal melakukan pendampingan terhadap petani juga telah membuat model/pilot project seluas 2,1 Ha yang kami tempatkan di Desa Rejeni Kec. Krembung, dan kemungkinan akan direncanakan panen dalam minggu-minggu ini. Tujuan pembinaan ketahanan pangan yang dilakukan oleh Kodim 0816 Sidoarjo diantaranya untuk membantu program pemerintah untuk meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan daerah, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan perekonomian agar tersedianya logistik wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara.

Baca Juga: Pemkab Sidoarjo Bangun Drainase Sepanjang 1 KM di Ruas Jalan Beton Geluran – Suko 

Selain tanaman padi kodim 0816 sidoarjo juga telah membuat tanaman pangan seperti halnya tanaman sayur mayur dengan menggunakan metode hidroponik dan tanaman sayur mayur dalam polybag, hal ini untuk memberikan gambaran bahwa di tengah pandemi covid 19 masyarakat harus benar-benar mampu mengoptimalkan lahan yang dimilikinya untuk ketahanan pangan secara mandiri tutur Serma Sutrisno. Hik

 

Baca Juga: Demo Tuntut KPK Putuskan Status Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU