Desain Istana Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur Telah disetujui Jokowi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 09 Jan 2022 09:08 WIB

Desain Istana Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur Telah disetujui Jokowi

i

Desain Istana Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur.

SURABAYA PAGI, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan sudah menyetujui desain istana negara di ibu kota negara (IKN), Kalimantan Timur yang didesain seniman I Nyoman Nuarta. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono
 
"Kemarin sudah dipresentasikan di depan Presiden. Beliau secara umum sudah memahami dan menerima desain itu," kata Basuki Hadimuljono usai meninjau proyek Jembatan Pulau Balang 2, Kalimantan Timur, Kamis, 6 Januari 2021.
 
Kendati demikian, menurut dia, masih ada potensi penyesuaian penerapan desain. Pasalnya, ada kebutuhan-kebutuhan yang disesuaikan.

"Tapi di perjalanan pasti ada hal yang ditambahkan, seperti desain pertama ada 55 hektare luasnya kemudian, meminta jadi 100 hektare lahan istananya supaya lebih banyak hijaunya dan hutannya," imbuh Menteri PUPR.
 
Sebelumnya, I Nyoman Nuarta pada Selasa, (4/1/2022), juga sudah mengunggah foto desain istana kepresidenan di media sosial Instagramnya. 

 

Baca Juga: Pembangunan IKN Tahap 1 Capai 70%, Jokowi Masih Sibuk Realisasikan Minat Investasi

"Desain ISTANA IKN , yg telah final disambut dgn sukacita, dan telah disetujui Presiden , Gambar sewaktu saya mendapat undangan presentasi di Istana MERDEKA tgl 3 januari,bersama Mensesneg ,Men PUPR, dan Ibu Dirjen Cipta Karya," tulisnya.

 

Foto desain yang diunggah di media sosialnya tersebut mendapat beragam komentar dari masyarakat.

Oleh karena itu, Nyoman Nuarta mengampaikan terima kasih atas seluruh dukungan kepada dirinya agar bisa menciptakan karya orisinil dan tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek kolonial.

 

Di hari yang sama, ia juga mengunggah foto desain istana kepresidenan dari pandangan burung. Seperti halnya pada postingan sebelumnya, foto desain itu juga disukai hingga 4 ribuan warganet. Setelah itu, keesokan harinya, pada Rabu, (5/1/2022), Nyoman Nuarta kembali mengunggah foto desain istana kepresidenan dari sudut yang berbeda. 

 

"Waduh saya harus bilang apa ya dengan dukungan Anda-Anda yg luar biasa kecuali saya berjanji akan melimpahkan seluruh kemampuan saya untuk bisa sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpi Indonesia memiliki Istana Negara yang unik indah nyaman beda dengan istana-istana yang ada didunia, dan bisa menjadi ikon, dengan demikian pariwisata akan berkembang pesat," tulisnya.

 

Nyoman Nuarta adalah salah satu pemenang sayembara Istana Garuda Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur. Desain burung Garuda di Istana Negara di Ibu Kota Baru yang dibuatnya sebelumnya viral di media sosial pada tahun lalu.

 

Baca Juga: Jokowi Bangun Masjid Negara Senilai Rp 940 Miliar di IKN, Bisa Tampung 61.000 Jemaah

Desain Istana Negara buatan I Nyoman Nuarta menuai beragam pro dan kontra. Ia juga menjelaskan, desain Istana Negara berlambang burung Garuda diselesaikan hanya dalam tempo 12 hari untuk menyelesaikan 12 desain IKN seperti istana, Gedung DPR, kantor Kementerian, tempat ibadah dan bangunan lainnya. Selanjutnya dipresentasikan kembali dalam bentuk video pendek. 

 

Gedung Istana itu nantinya akan terdiri dari 8 lantai seluas 4 hektare. Adapun luas bangunannya 38 ribu meter persegi. Ditambah bangunan lain di kompleks Istana itu luasnya sekitar 10 hektare. “Area lahan 32 hektare, nggak besar,” ujarnya. Bangunan selain Istana negara itu menurutnya seperti kantor Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, dan Kantor Staf Presiden.

 

Menurut I Nyoman Nuarta, hanya desainnya yang sejauh ini paling siap diajukan diantara  5 orang yang hadir untuk mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan sayembara di Kawasan Inti Pusat Pemerintah IKN. 

 

"Saat presentasi, saya melihat yang peserta lain tidak rampung, hanya pre-desain saya yang rampung dan paling siap," kata Nyoman Nuarta, akhir Maret 2021 lalu.

Baca Juga: Kaltim Perkuat Program Hilirisasi Industri dan Pasar Baru UMKM

 

Proses pemindahan IKN juga perlu dibarengi dengan rampungnya Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN). Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN bahkan menargetkan RUU tersebut disahkan menjadi UU paling lambat akhir Januari 2022

 

 "RUU IKN ini ditargetkan sudah bisa selesai dan diketuk dalam rapat paripurna pada pertengahan atau akhir bulan Januari 2022," kata Wakil Ketua Pansus RUU IKN Junimart Girsang saat dihubungi, Kamis.

 

Junimart mengatakan bahwa Pansus RUU IKN juga menjadwalkan kunjungan kerja ke daerah calon ibu kota di Kalimantan Timur pada 9 dan 10 Januari 2022. Junimart menyatakan bahwa proses pembahasan RUU IKN kini sudah memasuki pembahasan oleh tim perumus (timus) dan akan dilanjutkan ke tim sinkronisasi (timsin). Timus juga sudah mengagendakan rapat untuk merumuskan materi RUU IKN pada Kamis kemarin. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU