Dewan Pers: Perpres Publisher Right Segera Terbit

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 03 Mar 2023 20:36 WIB

Dewan Pers: Perpres Publisher Right Segera Terbit

Jamin untuk Kurangi Dominasi Platform Digital 

 

Baca Juga: Pelantikan Pengurus PWI Jombang, Pentingnya Menjaga Kode Etik Jurnalistik

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu menyampaikan telah menyerahkan draft usulan Peraturan Presiden (Perpres) publisher right kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ninik berharap Perpres publisher right harus berdasar pada Undang-undang Pers. "Diharapkan akan segera dikeluarkan tentang publisher right. Dewan Pers sudah menyampaikan draft-nya kepada Presiden," ucap Ninik dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube Dewan Pers, Jumat (3/3/2023).

Dilansir Antara, publisher right atau hak penerbitan berisi hak pengelola media untuk mengatur dan mengurangi dominasi platform digital. Berdasarkan aturan tersebut, perusahaan media massa bisa bernegosiasi dengan platform digital soal harga untuk konten mereka yang dimuat di platform.

 

Baca Juga: PWI Sumenep Gandeng KPU dan Bawaslu Kampanyekan Pemilu Damai

Kesepakatan Harga

Regulasi tersebut memberikan waktu dua bulan untuk mencapai kesepakatan harga. Jika dalam waktu yang ditentukan tidak terjadi kesepakatan, pemerintah akan menunjuk wasit.

Menurut Ninik, saat ini masih dalam proses pembahasan pihak pihak terkait yang difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Baca Juga: Ketua PWI Jatim: Dewan Pers Perlu Mengukur Perilaku Jurnalis

Ninik berharap Perpres itu segera terbit. Selain itu, Perpres itu tidak melenceng dari UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

"Mudah-mudahan kita berharap ini sudah diselesaikan. Tapi catatan terpenting, bahwa pengaturan terkait publisher right, harus diletakkan pada domain kewenangan dan pengelolaan media perusahaan Pers sesuai dengan UU 40 tahun 199," katanya.

"Pertama, menjaga independensi pers. Kedua, mengembangkan pers nasional kita. Tidak boleh keluar dari dua koridor itu," ingat Ketua Dewan Pers. n ant/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU