Dewan Surabaya Usul Pemkot Bangun Rusun 20 Lantai

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 25 Jun 2021 12:39 WIB

Dewan Surabaya Usul Pemkot Bangun Rusun 20 Lantai

i

Dewan mengusulkan pemkot sebaiknya membangun rusun 20 lantai setiap bloknya bukan yang setiap bloknya hanya lima lantai. SP/PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Mengingat daftar tunggu penghuni rumah susun (rusun) di Kota Pahlawan yang saat ini mencapai ribuan orang membuat dewan Komisi C mengusulkan kepada Pemerintah Kota Surabaya agar membangun rusun dengan 20 lantai. Saat ini daftar tunggu penghuni rusun sudah lebih dari 9.000 orang.

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Surabaya William Wirakusuma mengatakan selama ini pemkot hanya membangun rusun setiap bloknya hanya lima lantai, namun dengan kebutuhan tempat tinggal yang tinggi, sebaiknya dibangun rusun 20 lantai setiap bloknya. "Misalkan ada lima blok di rusun itu dan setiap bloknya dibangun 20 lantai," katanya, Jumat (25/6).

Baca Juga: Imigrasi I Surabaya Berhasil Terbitkan Hampir 10 Ribu Paspor

William menjelaskan pertama kali yang perlu dibangun untuk lantai dasar rusun adalah area perdagangan dan food court, baru kemudian dibangun kamar hingga lantai 20. Dengan demikian, lanjut dia, nantinya akan terintegrasi antara tempat hunian atau kamar dengan food court. "Jadi pusat ekonominya ada di lantai dasar.  Siapapun yang mendapat stan di food court dan area komersil itu tentu akan membantu ekonomi warga rusun," ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

Menurut dia, ketika penguni rusun memiliki stan food court dan pendapatannya sudah mampu untuk menyewa rumah, maka penghuni tersebut bisa digantikan dengan penghuni baru bagi warga yang tidak mampu. Selain itu, Ketua Fraksi PSI DPRD Kota Surabaya ini mengusulkan agar pemerintah memberikan pelayanan publik berupa pelayanan kesehatan atau puskesmas serta disedikan transportasi publik di rusun agar warga mudah ke tempat kerja atau bisnis. "Makanya kami usul minta ada halte busnya di rusun. Jadi warga rusun dalam satu hunian bisa mandiri dari sisi ekonominya," kata William.

Ia kembali mengatakan, Komisi C masih melihat kemampuan APBD Kota Surabaya untuk membangun rusun dengan 20 lantai. Sejauh ini, postur APBD Kota Surabaya bisa dikatakan mampu untuk membangun rusun dengan kapasitas 20 lantai. Setelah dibangun rusun 20 lantai, lanjut dia, maka harus ada lift-nya, sehingga tidak lagi memakai tangga konvensional, seperti rusun yang hanya lima lantai.

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

William menuturkan, Pemkot Surabaya tidak perlu khawatir untuk biaya operasional rusun jika dibangun 20 lantai. Biaya operasional bisa disubsidi dari sewa stan-stan food court dan area perdagangan yang ada di lantai dasar rusun tersebut.  "Jadi memang sudah saatnya di Surabaya ini memiliki rusun dengan bangunan per bloknya 20 lantai," katanya.sb2/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU