Di KTT G20, Kepala Negara Pamer Mobil Anti Peluru

SURABAYAPAGI.COM, Denpasar -  Ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, juga diwarnai pameran kekuatan mobil untuk masing-masing kepala negera. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, misalnya menggunakan mobil dinas kepresidenan yang dijuluki The Beast. Mobil presiden dengan perlindungan kelas wahid,  tidak murah.

Berdasarkan catatan diketahui bahwa mobil ini dikabarkan menghabiskan biaya sebesar US$ 1,5 juta dalam pembuatannya. Jika dirupiahkan berarti harga The Beast tunggangan Joe Biden ini senilai Rp 23,4 miliar (kurs Rp 15.600/dolar AS).

Sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan riset otomotif Inggris, MotorEasy menyebutkan, mobil dinas Presiden AS ini merupakan salah satu mobil pemimpin negara termahal di dunia.

Mobil Joe Biden ini lebih mahal daripada mobil Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Meski begitu, mobil dinas Presiden AS masih lebih murah dibanding mobil Ratu Elizabeth II, Pemimpin Korea Utara, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Sebagai salah satu dinas Presiden AS Joe Biden, spesifikasi kendaraan ini tentunya tidaklah main-main. The Beast ini memiliki bobot sekitar 6,3 ton hingga 9 ton.

Untuk mobil seberat ini, mesin diesel 5.000 cc menjadi andalannya. Alasan pemilihan mesin diesel untuk mobil Presiden Amerika Serikat adalah karena durabilitasnya. Disebutkan, bahan bakar solar memiliki volatilitas rendah yang mengurangi risiko meledak.

 

Dibekali Bodi Antipeluru

Untuk keamanan kepala negara, mobil ini dibekali dengan bodi antipeluru. Pintu mobil berlapis baja dengan ketebalan sekitar 20 cm. Jendelanya juga antipeluru dengan lapisan polikarbonat dan kaca setebal 12 cm. Konstruksi yang kokoh ini memberi mobil ini interior yang sangat aman bagi Presiden Amerika Serikat.

Sasis mobil dibuat dari pelat baja kuat tahan karat. Sasis dirancang khusus untuk bisa menahan serangan bom. Tangki bahan bakar juga antipeluru dan dilapisi dengan busa khusus jika terjadi ledakan.

Ban mobil dinas Joe Biden berbahan keras, Kevlar dan tahan tusukan. Jika ban diserang, mobil tetap bisa berjalan. Itu juga didukung pelek baja tahan karat kuat yang memungkinkan untuk melaju dengan kecepatan tinggi jika ban mengalami kerusakan dalam serangan apa pun.

Mobil dinas kepresidenan Joe Biden memiliki suplai oksigen sendiri di dalam kabin. Untuk komunikasi, di dalamnya terdapat telepon satelit yang bisa terhubung langsung dengan Wakil Presiden dan Pentagon, markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Untuk keadaan darurat, selain The Beast, mobil Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang juga dikenal sebagai Cadillac One ini selalu menampung kantong darah dengan golongan darah Presiden.

 

Mobil Presiden UEA

Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed (MBZ) menggunakan mobil kepresidenan jenis Mercedez-Benz S600 Pullman Guard. Mercedez-Benz S600 Pullman Guard merupakan salah satu mobil petinggi negara yang lebih mewah dari mobil dinas Jokowi. Seperti diketahui, mobil dinas Jokowi di Indonesia adalah Mercedes-Benz S600 Guard.

Dengan embel-embel 'Pullman' di mobil limosin Presiden MBZ di Solo, mobil ini lebih mewah dibanding mobil dinas Jokowi.

Pullman biasanya mengacu pada mobil mewah Mercy dengan wheelbase yang lebih panjang. Nama Pullman diambil dari gerbong kereta api Pullman yang terkenal mewah dan luas. Kemewahan dan keluasan kabin hadir di limousine ditumpangi Jokowi dan MBZ ini.

Mobil ini memiliki interior yang sangat luas berkat jarak sumbu roda 4.315 milimeter, yang 115 sentimeter lebih panjang dari versi panjang S-Class Guard. Memang, dengan panjang keseluruhan 6.356 milimeter, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard adalah kendaraan dengan proporsi yang benar-benar megah yang menawarkan kenyamanan maksimal kepada penumpangnya.

 

Ada Sistem Komunikasi Hiburan

Di dalam kabin mobil juga dilakukan pertemuan rahasia antara kalangan VIP. Mercedez-Benz S600 Pullman Guard ini juga dibekali semua sistem komunikasi dan hiburan utama. Hal ini memastikan bahwa penghuni tetap terhubung sepenuhnya sambil menikmati kemewahan dan kenyamanan lingkungan khusus mereka sendiri.

Limosin yang digunakan untuk kendaraan dinas kenegaraan ini dilengkapi dengan atap belakang yang lebih tinggi untuk akses yang lebih mudah dan ruang kepala yang lebih besar. Sebagai mobil limosin, empat orang penumpang bisa diangkut di kompartemen belakang di balik partis.

Tampaknya mobil yang ditumpangi Erdogan ini adalah Mercedes-Maybach S 600 Guard. Mobil lapis baja ini biasanya digunakan oleh petinggi negara di dunia.

Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Maybach S 600 Guard memiliki kemampuan menangkal serangan peluru dari senapan serbu. Mobil ini telah disertifikasi oleh Otoritas Balistik di Ulm, Jerman, dengan peringkat perlindungan VR10 menurut Petunjuk BRV 2009 Versi 2 (Kendaraan Tahan Peluru). Pedoman ini menetapkan bahwa bodi dan jendela harus mampu menahan peluru inti baja yang dikeraskan yang ditembakkan dari senapan serbu.

 

Sama dengan Mobil Jokowi

Mercedes-Maybach S 600 Guard juga memiliki peringkat ERV 2010 (Kendaraan Tahan Peledak). Dalam pengujian dengan ledakan besar dari semua sisi, tulangan baja, kaca khusus dan pelindung bagian bawah bodi mobil serta pelindung atap tambahan memberikan ketahanan ledakan yang menjanjikan. Mercedes-Maybach S600 Guard mampu memberikan ketahanan efektif dari dua granat tangan HG 85 yang diledakkan secara bersamaan.

Soal jantung pacunya sama dengan Mercedes-Benz S 600 Guard yang dipakai Jokowi sebagai mobil dinas di Indonesia. Mercedes-Maybach S 600 Guard menggendong mesin V12 6.0 liter atau tepatnya 5.980 cc. Mesin itu memiliki tenaga maksimal 523 daya kuda pada 4.900-5.300 rpm dengan torsi maksimal 830 Nm pada 1.900-4.000 rpm. Akselerasi 0-100 km/jam dituntaskan dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 190 km/jam yang dibatasi secara elektronik.

Sementara itu, Indonesia sendiri telah menyediakan beberapa mobil listrik untuk digunakan tamu negara di KTT G20 di Bali. Untuk petinggi negara, ada mobil listrik Genesis G80 Electrified. Namun, menurut Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama, negara besar punya permintaan khusus soal mobil dinas. Salah satunya kendaraan antipeluru atau lapis baja. Dia mengatakan ada negara yang membawa mobil lapis baja sendiri.

 

Mobil Jerman

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol serta Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida yang dijemput menggunakan mobil Jerman. Pemimpin dari dua negara Asia Timur itu menggunakan Mercedes-Benz S 600 Guard. Ini merupakan sedan mewah dengan lapisan antipeluru yang biasanya digunakan para petinggi negara.

Mercedes-Benz S 600 Guard yang ditumpangi Presiden Korsel dan PM Jepang ini merupakan S-Class dengan kode bodi W221. Ini sama seperti mobil kepresidenan di era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sementara S 600 Guard yang jadi mobil dinas Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini adalah versi terbarunya dengan kode bodi W222.

Mercedes-Benz S 600 Guard ini ditenagai mesin biturbo 12 silinder dengan tenaga hingga 517 daya kuda. Mercy menyebut, sedan mewah ini dapat 'melarikan diri' dari situasi berbahaya dengan kecepatan tinggi.

Konsep ruang interior S-Class menciptakan suasana kelas satu yang dipadukan dengan kenyamanan berkendara, belum lagi penanganan yang sangat mudah. Komponen suspensi berdimensi besar dan rem depan kaliper ganda memberikan kualitas handling Mercedes-Benz S-Guard khas Mercedes dan memberikan perasaan berkendara yang optimal. Selanjutnya, suspensi telah dikonfigurasi agar tidak mengganggu tingkat kenyamanan mewah.

 

Indonesia Sediakan Mobil Listrik

Sementara itu, para petinggi negara dunia yang hadir di KTT G20 disediakan mobil-mobil listrik. Setidaknya ada 836 mobil listrik yang disediakan untuk KTT G20 di Bali. Tercatat ada tiga pabrikan mobil di Tanah Air yang sudah menyuplai unit kegiatan G20, di antaranya Hyundai dengan Genesis G80, Ioniq 5, Ioniq, Toyota dengan BZ4x dan Lexus UX300e, serta Wuling dengan Air Ev. Untuk kepala negara disediakan mobil listrik Genesis G80. n jk/erc/cr4/bal/rmc