Home / Peristiwa : Minyak Goreng di Surabaya

Di Minimarket Mahal, di Pedagang Meracang Langka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 20 Mar 2022 20:08 WIB

Di Minimarket Mahal, di Pedagang Meracang Langka

i

Rak minyak goreng tampak tak terisi penuh dan diisi oleh merek tertentu saja di salah satu minimarket di Manukan, Minggu (20/3/2022).

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya -  Warga Surabaya berharap kelangkaan minyak goreng tidak lagi terjadi di bulan Ramadhan. Oleh karena itu warga Surabaya berharap kepada Pemerintah supaya di Bulan Ramadhan besok minyak goreng di Surabaya mudah dicari di toko- toko tradisional maupun di toko Retail Modern.

Sejumlah pedagang tradisional yang ditemui, kini tidak lagi menjual minyak goreng lantaran ketiadaan stok. Diduga, faktor penyebab kelangkaan minyak goreng adalah karena Fenomena Panic Buying.

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

Pembeli pun keluhkan sulitnya memperoleh minyak goreng di pasar Tradisional di Kota Surabaya. Beberapa Warga saat ditemui Surabayapagi, saat ini warga kebingungngan  mencari minyak goreng dimana, karena banyak toko-toko tradisional (meracang) yang kosong.

"Waduh mas, sekarang cari minyak goreng sulit. Di toko-toko retail di kampung pun jarang ada stok sekarang. Mungkin di timbun atau bagaimana saya gatau soalnya 3 hari ini kosong ditoko tetangga saya. Apalagi minyak tambah mahal, pusing jadinya, habis ini juga bulan Ramadhan takut tambah naik bukan tambah turun harga sembakonya,” kata Sulis, pembeli minyak goreng.

Terjadi juga di toko- toko Retail Modern seperti Alfamart maupun Indomaret, terlihat banyak ruang kosong minyak goreng disebabkan hanya ada merk Sunco dan Fortune saja. Tidak terlihat adanya merk minyak goreng yang lain, yang biasa dibeli oleh masyarakat.

Terpisah, Satgas Pangan Polda Jawa Timur memantau ketersediaan minyak goreng curah maupun kemasan di pasar Wonokromo, Surabaya, Jumat (18/3/2022). Hasilnya, minyak goreng kemasan masih tersedia, sementara minyak goreng curah sulit didapatkan.  

"Beberapa tempat sudah kita cek dan bertanya kepada pedagang. Untuk ketersediaan minyak goreng yang kemasan sudah ada, yang terkendala adalah minyak goreng curah," kata Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Oki Ahadian, Jumat, 18 Maret 2022.

 Oki mengatakan hasil dari pengecekan akan ditelusuri lebih lanjut, termasuk penelusuran terhadap distribusi minyak curah. Dengan demikian akan diketahui kendala, sehingga menyebabkan kelangkaan minyak goreng curah.

"Jika dalam penelusuran nanti ada yang bermain, maka kita akan tindak tegas," kata mantan Kasatreskrim Polrestabes Surabaya itu.

Berdasarkan pantauan di lapangan, harga tertinggi minyak goreng curah berkisar dari Rp23.000 ribu hingga Rp24.000 ribu per liter.

 "Jadi, kita akan telusuri dulu dan melakukan penyelidikan lebih lanjut, sesuai dengan perintah pimpinan dan sesuai dengan kebijakan pemerintah," ujarnya.

Berikut ini harga minyak goreng di minimarket Surabaya:

Indomaret Tanjung Sari

Minyak Goreng 2L Fortune Rp  49.000     

 

Indomaret Tandes

Migor Fortune 2L Rp 49.500

 

Greensmart Tandes

Filma 2L Rp 47.800

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Halal Bihalal

 Sovia 1 L Rp 23.900

 

Alfamidi Balongsari

 Migor Sunco 2L Rp 47.800

 

Alfamart Manukan Tama

Fraiswell 1L Rp 24.300

 

Alfamidi Super Manukan

Sunco 2L Rp 47.800

Baca Juga: Dispendik Surabaya Pastikan Pramuka Tetap Berjalan

 

Alfamidi Manukan

Sunco 2L Rp  47.800

Hemart 1L R2p 5.500

 

Indomaret Raya Tengger

Sovia 1L Rp 24.500

Sovia 2 L Rp 48.800

Fortune 2 L Rp 48.300. min

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU