Dialog Publik KWG-DPRD Gresik Muncul Komitmen Optimalisasi BUMD

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 17 Sep 2022 12:32 WIB

Dialog Publik KWG-DPRD Gresik Muncul Komitmen Optimalisasi BUMD

i

Suasana dialog publik yang digelar KWG dan DPRD Gresik di Hotel Horison Gresik, Jumat (16/9/2022).

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Kegiatan dialog publik antara Komunitas Wartawan Gresik dan DPRD Gresik kembali digelar. Dalam acara ini muncul komitmen optimalisasi BUMD untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Hadir sebagai narasumber diantaranya Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Ketua DPRD M Abdul Qodir, serta Wakil Ketua Ahmad Nurhamim, Nur Saidah dan Mujid Riduan. Acara ini dipandu moderator Ketua KWG, M Syuhud Almanfaluty.

Baca Juga: Ratusan Siswa TK Ikuti Lomba Mewarnai di Festival Nasi Krawu HPN-KWG 2023

Hadir pula pimpinan tiga BUMD Gresik diantaranya Dirut PT Gresik Migas Habibullah, Dirut Perumda Giri Tirta Kurnia Suryandi dan Dirut BPR Bank Gresik Al Kusani, Kepala OPD serta Camat. Ketua DPRD Gresik M Abdul Qodir menyatakan optimalisasi layanan BUMD harus meningkat. Caranya harus terus berinovasi dan menangkap peluang.

"Fungsi lain BUMD harus berani inovasi, sehingga mendatangkan pendapataan daerah, jangan sampai rugi, dan hanya untuk operasional saja," katanya, Jumat (16/9/2022).

Qodir mengatakan, BUMD harus mampu menangkap peluang. Misalnya pengoptimalan program maupun kerjasama dengan perusahaan. Kemudian, BUMD harus mampu membuat produk keuangan yang menarik dan dibutuhkan publik. Misalnya, harus turun mendekatkan masyarakat.

"Jadi harus jualan produk kebutuhan apa yang dibutuhkan, kami dukung soal penyertaan modal. Akan kami berikan. Jangan sampai ada UMKM datang tapi katanya gak ada modal," terang dia. Wakil Ketua DPRD Ahmad Nurhamim meminta BUMD harus memiliki trust (kepercayaan) ke publik. Itu, kata Anha sangat penting untuk modal. Jangan minder. "Membangun kepercayaan manajemen itu penting, harusnya pede dan meningkatkan kepercayaan publik," imbuhnya diamini Nur Saidah, wakil ketua lain.

Selanjutnya Mujid Riduan menambahkan, adanya kawasan industri khusus di JIIPE Manyar menjadi peluang BUMD. Banyak potensi yang harus ditangkap.

Baca Juga: Wakil Ketua MPR Apresiasi Festival Nasi Krawu Komunitas Wartawan Gresik

"Jangan sampai jadi pentonton. Untuk itu, kami meminta BUMD berbenah. Saya yakin jika disiapkan, jadi kedepan bagaimana program selanjutnya," lanjutnya.

Komitmen Bupati Gresik soal BUMD

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi kegiatan kolaborasi antara DPRD dengan KWG. Kegiatan tahunan ini, akan berdampak positif bagi kemajuan BUMD. Dialog ini merupakan langkah cermat mengambul isu daerah.

Baca Juga: DPRD Gresik dan KWG Dorong Penataan PKL di Bandar Grissee

"Acara ini sangat bermanfaat bagi keberlangsungan BUMD kita, saya pun mengapresiasi, isu ini sangat bagus," katanya. Diakui Gus Yani, APBD 2023 mencapai Rp 4 triliun. Sedangkan pendapatan diperkirakan mencapai Rp 3,7 triliun. PAD Rp 1,37 Triliun dan Rp 2,2 Triliun dari transfer daerah. Bupati melanjutkan, pola kolaborasi akan dilakukan BUMD. Misalnya, dalam lokus penanganan kemiskinan ekstrim.

Gresik Migas telah melakukan bantuan kepada masyarakat terkait jaringan pipa gas. Kemudian Perumda Giri Tirta, Bupati menyatakan melayani masyarakat miskin yang terdata di DTKS dengan menyesuaikan tarif serta bantuan penyambungan. Selanjutnya, Perumda Giri Tirta juga terus minimalisir kebocoran dan melakukan program usaha pendapatan perusahaan.

"Dan satu PR Bank Gresik adalah harus membantu UMKM dengan bantuan modal keuangan bunga rendah, harus turun ke masyarakat jangan sampai ada lagi rentenir," tambahnya.grs

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU