Home / Politik : Masuk 7 Besar dari 10 Tokoh Berpotensi Nyalon Bupa

Diam-diam Nama Sekda Masuk Radar Survey, Mau Ikut Running...?

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Jun 2023 15:21 WIB

Diam-diam Nama Sekda Masuk Radar Survey, Mau Ikut Running...?

i

Sekda Lamongan Moh. Nalikan. SP/ MUHAJIRIN

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Diam-diam nama Sekda Lamongan Moh. Nalikan masuk bursa tokoh yang berpengaruh dan berpotensi mencalonkan bupati pada 2024 mendatang. Meski pada survey kali ini angkanya turun 1,0 persen namun posisinya menyodok ke nomor 7 dengan perolehan survey 1,2 persen, menggeser  Fujika Sena, Wahid Wahyudi dan Kaharuddin.

Muhammad Firdaus Direktur Lembaga survey Political Research Center (PRC) Indonesia menyebutkan, nama Sekda Moh. Nalikan dari hasil survey yang didapat ternyata cukup populer dan mempunyai elektabilitas yang lumayan, meski yang mereka lakukan belum sehebat seniornya di lingkungan Pemkab Lamongan. 

Baca Juga: Songsong Pilbup, PKB Lamongan Segera Membentuk Desk Pilkada

ke 10 tokoh potensial yang berpotensi untuk mencalonkan menjadi bupati 2024 selain Moh. Nalikan adalah, ada Yuhronur Efendi diposisi pertama, dilanjut  KH. Abdul Rouf, H.Abdul Ghofur, Suhandoyo, Kartika Hidayati, Debby Kurniawan, Kaharuddin, Fujika Oktavia, Wahid Wahyudi.

"Dari survey yang kami lakukan sejak Periode Februari kemarin, dan survey bulan Mei memang nama sekda Pak Nalikan ini selalu disebut oleh masyarakat sebagai tokoh yang layak maju sebagai bupati pada 2024 mendatang," ujar Daus panggilan akrabnya saat kepada surabayapagi.com, Kamis (08/06/2023).

Masyarakat mengetahui sekda, karena selama ini sudah lama mengabdi di Pemerintah, apalagi posisinya sekarang sebagai orang nomor 3 di lingkungan Pemkab Lamongan, jabatan yang strategis. 

"Jabatan sekda kan jabatan strategis, apalagi pak Nalikan selama ini berkarir di PNS dari nol dan sekarang menjabat jabatan puncak karier sebagai PNS,  sehingga namanya cukup dikenal," bebernya.

Baca Juga: Horeee.. Siltap Pamong Desa di Lamongan Akhirnya Dicairkan Meski Hanya 1 Bulan

Apalagi lanjutnya, jabatan sekda itu sebagai dirigen dan cukup menentukan arah pembangunan, sehingga namanya selalu disebut. Dan jabatan sekda selama ini dari hasil sejarah cukup berpotensi menjadi bupati. Ia lalu menyebut nama Almarhum H. Fadeli, dan yang sekarang menjabat bupati Yuhronur Efendi adalah pernah menduduki posisi sekda dan mereka awalnya juga PNS dari nol.

"Jadi posisi sekda itu sangat strategis, mereka punya gerbong namanya PNS, dan kalau mereka serius mencalonkan cukup menjadi tokoh yang tidak bisa dianggap remeh, dan di Lamongan sekda kalau nyalon bupati selalu menang dan itu sudah terbukti," ungkapnya, Kamis (08/06/2023).

Baca Juga: Gerindra Isyaratkan Usung Kader Sendiri di Pilbup Lamongan

Saat didesak surabayapagi.com, apa sekda memang ada rencana ikut running dalam pilkada mendatang, Daus tidak mengetahui hal itu, hanya saja nama sekda dalam survey selalu muncul dan disebut oleh masyarakat.

Sekedar diketahui, survey dengan menggunakan metode multi stage random sampling dilakukan pada 10-24 Mei 2023 itu. Survey PRC ini mengambil sampelnya sebanyak 1.896 responden, dan margin of error 3,0 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari 1.896 responden itu terdiri dari 64,1 persen laki-laki, dan 35,9 persen perempuan. Dengan rentang usia responden 17 sampai 61 tahun, yang berasal dari seluruh desa/kelurahan, beberapa ormas se Kabupaten Lamongan dan dari lintas pekerjaan. Survey ini dilakukan oleh pewawancara yang terlatih, melalui tatap muka dengan kuesioner. jir

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU