Diancam Lima Tahun dan Digugat Cerai Venna Melinda, Ferry Irawan Kabur

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 12 Jan 2023 20:17 WIB

Diancam Lima Tahun dan Digugat Cerai Venna Melinda, Ferry Irawan Kabur

i

Venna Melinda, didampingi kuasa hukumnya, Hotman Paris, keluar dari gedung Ditreskrimum Polda Jatim usai dilakukan pemeriksaan terkait laporan KDRT atas suaminya Ferry Irawan. SP/Ariandi

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Ferry Irawan, tunjukan diri bukan seorang suami yang bertanggungjawab. Usai melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), ia kabur dari sisi Venna Melinda yang sedang sakit. Praktis sejak saat itu, Venna Melinda hanya ditemani dua anaknya dari suami pertamanya. Ferry malah pulang ke rumah keluarganya di Jakarta. Juga temui Elma, yang dulu disebut-sebut mak comblang perkenalan dengan Venna Melinda.

"Sudah ditetapkan bahwa saudara FI (Ferry Irawan) dinaikkan statusnya menjadi tersangka. Senin 16 Januari depan, Ferry mulai diperiksa sebagai tersangka KDRT, " jelas Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto, di Mapolda Jatim, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: Resmi Dipersunting Anak Bos Batubara, Putri Isnari Dapat Mas Kawin Rp 204 Ribu

 

Venna Perkuat Pidana Ferry

Kamis (12/1/2023) kemarin, Venna datang sekitar pukul 09.45 WIB memakai baju warna hitam dipadu hijab warna krem. Ia menjalani pemeriksaan tambahan.

Dengan didampingi Hotman Paris, kuasa hukumnya, Venna yang memakai kacamata hitam juga didampingi kedua anaknya Verrell Bramasta dan Athalla Naufal.

"Pemeriksaan tambahan ini untuk membuktikan tindak pidana tersangka Ferry Irawan yang dituduh pasal 44 ayat 4, itu KDRT ringan. Namun berubah jadi Pasal 44 Ayat 1, KDRT berat yang dan bisa ditahan, karena KDRT mengakibatkan gangguan psikis," kata pengacara Venna Melinda, Hotma Paris, di Polda Jatim.

Ini karena Polda Jatim sudah menetapkan Ferry Irawan menjadi tersangka kasus dugaan KDRT terhadap istrinya, Venna Melinda. Polisi telah mengantongi sejumlah bukti, antara lain sprei dan handuk.

"Ditemukan barang bukti sprei dan handuk yang ada bercak darahnya. Sampel darah juga diambil penyidik," tambah Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto.

 

Blak-blakannya Venna

Venna Melinda, sudah selesai menjalani pemeriksaan tambahan terkait kasus KDRT yang dilakukan suaminya, Ferry Irawan.

Venna Melinda blak-blakan tentang hubungan rumah tangganya dengan Ferry yang tak banyak diketahui orang. Salah satunya, saat Venna Melinda dipaksa melakukan hubungan badanh hari Minggu (8/1/2023) meski dirinya sedang sakit lambung.

Menurut Venna Melinda, akhir-akhir ini Ferry Irawan sering cemburu. Pemicu utamanya adalah aktivitas Venna Melinda di politik.

 

Ferry Cemburu Berlebihan

"Sebetulnya, 3 bulan terakhir saya memutuskan kembali ke dunia politik, di situlah pemicu kemudian dia (Ferry) cemburu berlebihan. Seperti telepon laki-laki dari DPD (Perindo), dia bilang saya tidak ada marwahnya," kata Venna Melinda usai memberi kesaksian di Ditreskrimum Polda Jatim.

"Itu yang terjadi di tanggal 8, di mana saya beraktivitas untuk rakyat, saya diganggu hanya karena tidak bisa melakukan hubungan suami istri," sambungnya.

Mantan anggota DPR RI itu mengungkapkan Ferry Irawan memaksanya berhubungan badan. Padahal saat itu Venna Melinda sedang sakit lambung. Dalam kondisi lemah seperti itu, Venna Melinda mengaku berusaha untuk menuruti keinginan suaminya.

"Pada saat perjalanan dari Jakarta ke Kediri dia minta pacaran (hubungan badan), padahal saat saya berangkat asam lambung dan muntah-muntah tidak bisa makan. Lalu saya bilang 'iya bi, kalau sehat saya pasti lakukan (hubungan badan)', tapi saya ketiduran karena habis minum obat," imbuh Venna Melinda.

 

Penyidik Sudah Olah TKP

Penetapan tersangka ini dilakukan setelah penyidik Ditreskrimum Polda Jatim melalukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di sebuah hotel di Kediri, Jawa Timur, Rabu (8/1/2023) lalu

Di TKP, penyidik juga melakukan pemeriksaan enam orang saksi. Di antaranya house keeping, front office dan beberapa pegawai hotel.

Tidak hanya itu, Hotman menyampaikan pengakuan Venna bahwa apa yang dialaminya bukan hanya di Kediri. Kepada Hotman dia mengaku sudah 3 bulan terakhir kerap mengalami KDRT.

 

Venna Alami Luka Berat

"Venna mengatakan apa yang dialami ini bukan hanya yang di Kediri. Ternyata sudah 3 bulan terakhir dengan cara dibekap mulut, dipiting, sampai mengalami kerusakan di tulang rusuk," ujar Hotman.

Hotman Paris menyebut Venna Melinda memang mengalami luka berat dan gangguan psikis. Hal tersebut yang kemudian membuat polisi mengubah pasal dalam kasus ini.

"Dia trauma, makanya oleh kepolisian pasalnya ditambahkan jadi Pasal 45, akibat ada gangguan psikis," ujar Hotman Paris menjelaskan.

Baca Juga: Tipu Rekanan dengan Modus Kontrak Fiktif Rp 11 M, 2 Bos PT MBS Ditahan

 

Minta Hubungan Intim

Hotman mengungkapkan perselisihan antara Venna dan Ferry bermula ketika Ferry meminta berhubungan intim. Namun, kata dia, saat itu Venna sedang dalam kondisi capek secara fisik.

"Jadi perselisihan mereka itu bermula karena Venna itu capek dan biasalah seorang suami minta berhubungan intim ternyata," ungkap Hotman kepada wartawan.

Hotman menuturkan, belakangan, kliennya berada dalam kondisi tidak bahagia dan tertekan. Kata dia, Venna mengaku akan menggugat cerai Ferry Irawan.

"Pokoknya selama beberapa bulan terakhir ini dia sudah sangat tidak bahagia dan tertekan. Dan benar bilang dalam waktu dekat akan ajukan gugatan cerai," ucapnya.

 

Tiga Bulan Tak Nafkahi

Menurut penuturan Venna Melinda, Ferry Irawan sudah tiga bulan terakhir tidak memberikan nafkah kepada dirinya. "Dia sudah tidak memberikan nafkah selama 3 bulan ini," ungkap Venna Melinda di Polda Jatim, Kamis (12/1/2023).

Hotman menyebutkan Venna merasakan trauma setelah mengalami kekerasan oleh sang suami. Ia juga menyebutkan kliennya telah mendapat pemeriksaan oleh psikiater .

"Dia trauma, makanya oleh polisi ditambah pasalnya menjadi pasal 45, yaitu kekerasan yang mengakibatkan psikis (terganggu)," tambahnya.

 

Dampingi Venna BAP

Hotman menuturkan dirinya  mendampingi Venna untuk melakukan BAP tambahan di Polda Jawa Timur. Diketahui dugaan kasus KDRT tersebut terjadi di sebuah hotel di Kediri, Jatim.

Venna Melinda mengatakan Ferry Irawan jago silat hingga tahu bagaimana harus berbuat tanpa meninggalkan bekas. "Dia (Ferry) punya keahlian silat, dia pesilat. jadi tahu bagaimana berbuat tanpa bekas selama 3 bulan ini," kata Venna Melinda, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: Akun Instagram Sandra Dewi Mendadak Hilang, Kejagung: Status Masih Jadi Saksi

Puncaknya saat berada di Kediri, Jawa Timur, Venna Melinda mengalami luka di hidung. Hidung Venna Melinda bercucuran darah itu menjadi momen dirinya mengadu.

 

KDRT di Kediri Terbaru

Bahkan pada kesempatan itu, Ferry Irawan sempat akan menghilangkan jejak kekerasannya dengan menghapus darah yang berceceran seperti dikatakan adik Venna Melinda, Reza Mahastra di Polda Jatim beberapa waktu lalu.

"Darah berceceran di lantai pojokan kamar, di selimut, tempat tidur, handuk," Reza Mahastra.

Diduga saat Venna Melinda masih berada di kamar, Ferry Irawan ingin menghapus noda darah yang berceceran.

"Coba dihapus, tapi Bu Venna menolak karena mungkin traumatis (Kejadian sebelumnya tidak ada bukti). Fakta yang terjadi banyak keluar darah," katanya lagi. KDRT Ferry sudah berulang kali. Kejadian KDRT di hotel Kediri adalah yang terbaru.

"Mungkin beberapa kali tidak meninggalkan bekas (saat KDRT). (Minggu kemarin) batas terlewati dan banyak darah, sehingga melapor," tambahnya.

 

Reaksi Verrell Bramasta

Verrell Bramasta akhirnya sampai di Surabaya dan bertemu dengan Venna Melinda. Dalam video yang diunggah di Instagram, Verrell memeluk erat Venna.

"Saat ini Mama masih syok, jadi untuk sementara waktu kita akan jagain Mama," kata Verrell. "Insyaallah kalau sembuh, besok akan balik ke Jakarta,"

Dalam unggahan di akun Instagram, Verrell juga mengakui dirinya sedih melihat kondisi ibunya setelah sempat dilarikan ke rumah sakit usai hidung berdarah-darah karena dugaan KDRT.

"Ini sungguh menghancurkan hatiku melihat Mama seperti ini. Apa pun yang terjadi, aku akan selalu ada di sini buat Mama. Apa pun yang terjadi," tulis Verrell dalam bahasa Inggris. n ari/erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU