Dianggarkan Rp 1,75 M untuk Jalan Sekarmojo Purwosari

Salah satu jalan yang ada di Sekarmojo Purwosari kab Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Jalan Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari, rusak parah. Kerusakan terjadi hampir sepanjang 3 kilometer. Lubang bertebaran di berbagai titik. Padahal, ruas jalan tersebut merupakan akses utama warga ke desa dan kecamatan lain.

Titik-titik kerusakan itu terlihat di Dusun Damar dan Canggi, Desa Sekarmojo. Selama ini, pengguna jalan melewati jalan tersebut untuk menuju desa lain, seperti Tejowangi, Kecamatan Purwosari. Juga Pucangsari dan Tambaksari, Kecamatan Purwodadi.

”Kerusakan jalan itu sudah sekitar 4 tahun terakhir. Sekarang kian parah. Bahkan, di beberapa titik aspalnya sudah hilang dan ganti tanah,” kata Kades Sekarmojo Nur Rokim.

Pemerintah desa dan pengguna jalan berharap kerusakan jalan itu segera diperbaiki. Meski lokasinya di dalam desa, fungsi jalan dan akses itu sangat penting bagi warga.

”Kasihan warga dan para pengguna jalan, apalagi sering ada pengendara motor jatuh,” tuturnya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Pasuruan Cahyo Fajar Rahmanto menyatakan, pada tahun ini, di Desa Sekarmojo, memang ada perbaikan jalan. Pekerjaan overlay sekitar 1,5 kilometer. ”Pagu anggarannya Rp 1.750.000.000 dari dana cukai. Masih proses lelang,” jelasnya. ris