Dicibir Remehkan Pelecehan Seksual

Tiara Andini. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Tiara Anugrah alias Tiara Andini, juara kedua "Indonesian Idol" 2020 yang dikenal cantik dengan suara emasnya kini jadi trending dan dihujat netter lantaran menganggap remeh masalah pelecehan seksual.

"Habis close friend sekarang ada lagi yaitu sexual harassment. Kek gini nggak bisa nyalahin salah satu pihak doang. Mau ceweknya atau cowoknya duluan, tapi kalau emang keduanya open? Ini pentingnya punya harga diri," tulis Tiara, dikutip Jumat (6/8/2021).

Tak berhenti di situ, Tiara Andini juga menyebut tak ada korban dalam pelecehan seksual. Tak hanya itu, Tiara Andini juga membahas tentang harga diri yang rupanya hal tersebut cukup menyakiti hati para korban pelecehan seksual.

"Kalau soal ini menurut aku nggak ada korban karena yang melakukan kedua pihak. Kalau salah satu nggak setuju, kita diciptakan tangan kaki juga bisa untuk melawan kok. Diciptakan otak juga buat mikir," ujarnya lagi.

Cuitan yang kini telah dihapus itu langsung menuai beragam respon. Sejumlah warganet kompak menyebut Tiara Andini memojokkan korban pelecehan seksual. Walhasil, nama pelantun tembang Cintanya Aku ini sempat menduduki trending topic Twitter.

"Mengecewakan banget ya si Tiara Andini ini. Nyanyinya oke lah pinter, tapi kok buta sama masalah begini? Bilangin ke mama ah penyanyi pikiran dangkal kayak gini nggak usah didukung lagi," ujar netizen lainnya.

"Dengan pemikiran lu ini kalau suatu saat kejadian lu lagi manggung tiba2 di grepe jgn anggep diri lu sbg korban ya mbak tiara. Kan katamu punya otak buat mikir & punya tangan dan kaki buat ngelawan," kata netizen.

Agar tak terulang lagi, ia juga tampaknya lebih berhati-hati mengunggah kicauan. Terbukti, Tiara kini justru pamer pesan bijak setelah sebelumnya dianggap blunder dan berpikiran dangkal. Bahkan Tiara sempat menyemangati fans yang membalas kicauannya.

Namun tidak sedikit juga yang membela Tiara Andini dengan mengatakan bahwa yang dimaksud Tiara dalam masalah ini adalah merujuk kepada kasus Niko Al Hakim semata. Namun banyak yang salah paham terhadap twit dari Tiara Andini.

"Kayaknya pada salah paham ya sama tweet tiara. Ini sepertinya lg bahas ttg public figur yg lagi ramai bbrp hari lalu, dan IMHO memang ga ada korban untuk kasus itu. Mgkn pemilihan dan penggunaan kata sexual harassment pd tweet tsb agak krg tepat dengan apa yg tiara maksud," tulis @SkyCastle18.