Diduga Disalahgunakan, Penerima RTLH di Desa Rombiya-Barat terus Mencari Dukungan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 24 Agu 2021 18:20 WIB

Diduga Disalahgunakan, Penerima RTLH di Desa Rombiya-Barat terus Mencari Dukungan

i

Bantuan RTLH yang diberikan kepada Buk Jua, tetap mangkrak. SP/Ainur Rahman

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Penerima bantuan RTLH asal desa Rombiya-Barat kecamatan Ganding, disoal warga setempat. Pasalnya penerima Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang bersumber dari dana Desa itu diduga salah sasaran.

Pantauan Surabaya Pagi, berdasarkan pengaduan dari salah satu warga di desa Rombiya Barat, merasa sangat prihatin kepada Bu Jua selaku penerima bantuan RTLH yang hanya diberikan tidak sesuai dengan anggaran.

Baca Juga: Pertengahan Ramadhan, Harga Sembako di Pasar Tradisional Mulai Berangsur Landai

Dugaan masyarakat, bantuan tersebut diduga ditilep mantan kepala Desa Rombiya Barat, karena penerima bantuan RTLH hanya menerima tidak sesuai dengan dana anggaran.

"Hanya ada tumpukan genting, dan tidak diberikan apa-apa, bagaimana bisa diperbaiki, masalah RTLH itu kan peruntukannya bagi yang tidak mampu" jelasnya, Selasa (24/8).

Jika masyarakat miskin dijadikan tumbal untuk memperkaya diri, kan kasihan, bayangkan saja, bantuan RTLH yang dianggarkan tahun 2020 itu sampai sekarang belum diperbaiki.

“Selain itu juga kata dia, ada penerima bantuan RTLH yang disuruh perangkat untuk membongkar rumahnya karena mendapat bantuan RTLH dan ternyata tidak dibantu dengan alasan tidak terdaftar sebagai penerima bantuan,” kilahnya.

Baca Juga: Aktivis Praja Sumenep Demo Soroti Peredaran Minol

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, bahwa bantuan RTLH tahun 2020 di desa Rombiya Barat diduga disalahgunakan oleh mantan kades berdasarkan temuan dari Anggota LMR RI Komda Sumenep.

Namun temuan tersebut semakin meruncing setelah penerima bantuan RTLH meminta perlindungan kepada lembaga kontrol sosial, Indonesia Lanyalla Center (ILC) Kab. Sumenep.

Kepada Surabaya Pagi, wakil ketua (ILC) kab. Sumenep, Sarbini SH mengaku akan mendampingi warga penerima RTLH tersebut agar diberikan haknya.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Pastikan Kebutuhan Dasar Terpenuhi dan Masyarakat Terlindungi

"Kita hanya membantu memberikan pendampingan agar penerima bantuan merasa senang dapat perhatian dari pemerintah," pungkasnya. AR

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU