Dies Natalis ke-36, UWIKA Gelar Jalan Sehat, Donor Darah, Hingga Operasi Katarak Gratis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 14 Agu 2022 15:15 WIB

Dies Natalis ke-36, UWIKA Gelar Jalan Sehat, Donor Darah, Hingga Operasi Katarak Gratis

i

Rektor UWIKA Dr. Filipus Priyo Suprobo saat memberangkatkan peserta jalan sehat pada puncak acara Dies Natalis UWIKA ke-36, Minggu 14 Agustus 2022.

Baca Juga: GadePreneur Hadir Lagi Untuk Dukung UMKM Naik Kelas

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Universitas Widya Kartika (UWIKA) menggelar beragam kegiatan bertajuk "UWIKA Bertumbuh dan Berdaya" di kampus UWIKA, Jalan Sutorejo Prima Utara II Nomor 1, Surabaya, Minggu 14 Agustus 2022.
 
Rektor UWIKA Dr. Filipus Priyo Suprobo menjelaskan bahwa kegiatan yang digelar ini sebenarnya merupakan rentetan dari kegiatan Dies Natalis UWIKA ke-36, dan hari ini merupakan puncaknya.
 
"Pertama, kita ada agenda jalan sehat. Karena kita juga kepinginnya berbagi dengan masyarakat sekitar, jadi jalan sehat itu sebagai sarana saja. Masyarakat sekitar juga mengisi stand-stand untuk bazar hari ini, itu juga salah satu upaya untuk senengnya tidak dirasakan sendiri, tapi dirasakan banyak orang," kata Dr. Filipus saat ditemui.
 
Kemudian, ada pula agenda untuk memperkenalkan diri UWIKA ke mitra-mitranya kembali untuk merefreshing.
 
"Mitra-mitra ini kami undang, sebagian juga memang mengisi beberapa stand kami, beberapa juga sebenarnya adalah mitra-mitra yang baru kami rangkul," ia menuturkan.
 
Meski menurut Dr. Filipus puncak perayaan Dies Natalis UWIKA kali ini agenda acaranya sederhana, namun sedianya rangkaian ini sudah berjalan sejak bulan Juli 2022.
 
"Jadi bulan Juli itu ada pertemuan dengan para mitra untuk kami berikan space atau wadah. Kami persilahkan sharing apa yang dikerjakan oleh para mitra," ia mengungkapkan.
 
Adapun salah satu mitra tersebut berasal dari China yang ingin menggaet mahasiswa UWIKA untuk bisa magang di tempat mereka. Selain itu, ada juga mitra dengan salah satu bank swasta.
 
"Mereka yang ingin sekali mahasiswa kita bisa mendampingi UMKM agar tahu cara membuat proposal bisnisnya seperti apa atau studi kelayakannya bagaimana," ia menerangkan.
 
Tak ketinggalan, sebelumnya ada juga sarahsehan dari alumni, serta kegiatan donor darah dan operasi katarak gratis untuk masyarakat yang tidak mampu.
 
"Donor darah itu terinspirasi pada saat kita melayani, maka harus siap memberi. Artinya memberi itu ya kita berikan sedikit darah yang kita punya. Itu tidak hanya simbol tapi juga aksi-aksi dari kami untuk semakin merendahkan hati, semakin melayani dan memberikan diri," ia memaparkan.
 
Untuk kegiatan donor darah, UWIKA bekerja sama dengan PMI. Meski terbuka juga untuk umum, namun tetap ada screening sesuai standar, seperti dengan ketentuan ada batasan usia, berat badan lebih dari 45, dan tidak dalam taraf minum obat.
 
"Kemarin animonya lumayan, sekitar 40 pendonor dalam waktu 2 jam kita buka," ia menandaskan.
 
Beberapa rangkaian Dies Natalis tersebut termasuk juga ada seminar, dan disusul wisuda pada bulan Desember 2022 mendatang.
 
"Jadi genap satu semester ini bener-bener sebagai upaya untuk menjadikan Dies Natalis ini tidak untuk diri sendiri, tapi harus merangkul semua, yakni jaringan kemitraan di circle terdekat dan masyarakat," ia menerangkan.
IMG_20220814_070208IMG_20220814_070208
 
Sementara itu, berkenaan dengan tema Dies Natalis ke-36 "UWIKA Bertumbuh dan Berdaya", Dr. Filipus pun berharap sekali agar terjadi pertumbuhan dan perubahan pada Sumber Daya Manusia (SDM).
 
"Sementara berdayanya, dari yang kemampuan dan kapabilitas yang masih dalam taraf yang dininabobokan itu bener-bener untuk kami mengubah mindset, kemudian mengintegrasikan semua yang dimiliki," ia menjabarkan.
 
"Jadi kami masukan unsur sinergitas sebagai wujud nyata dari Tri Darma pada dosen dan mahasiswa yang sifatnya ditambah dengan lebih terintegrasi. Kami ingin sekali ada pertumbuhan untuk menyadari bahwa kali ini kita tidak bergerak secara sendiri tetapi bergerak secara sinergi dan terintegrasi," ia menekankan.
 
Sebagai informasi, selain jalan sehat, puncak acara kegiatan Dies Natalis UWIKA ke-36 hari ini juga diramaikan dengan lomba band. Bahkan, ada pula lomba sketsa, lomba dance, dan lomba akustik yang telah digelar sebelumnya.
 
Turut diramaikan dengan beberapa stand bazar UMKM, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh penampilan Barongsai dan pemotongan tumpeng oleh pimpinan yayasan serta rektorat.res
 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU