Digital Library Persembahan Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Unesa untuk SDN Klagen-Sukodono

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 10 Jun 2022 16:55 WIB

Digital Library Persembahan Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Unesa untuk SDN Klagen-Sukodono

i

Siswa di SDN Klagen-Sukodono  memperhatikan presentasi dan mencoba mengakses digital library yang dibuat oleh Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Unesa. SP/Fja

SURABAYAPAGI, Surabaya - Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya melaksanakan proyek digital library di SDN Klagen Sidorajo terkait dengan mata kuliah Pemanfaatan dan Pengelolaan Sumber Belajar.

Tugas proyek digital library ini merupakan implementasi dari Kampus Merdeka, dimana mahasiswa mampu mengembangkan digital library terkait dengan kebutuhan dari sekolah.

Dalam situs web tersebut terdapat koleksi buku mencantumkan status tersedia maupun tidak tersedia, ada e-book yang berisi buku dongeng, buku Pendidikan dan buku sains.

Ada berbagai buku kurikulum merdeka dari tingkat SD, SMP, SMA, khusus SDN Klagen telah diberikan akses untuk melihat buku dan dokumen sebagai pedoman dalam menjalankan kurikulum merdeka belajar serta guru penggerak di tingkat SD.

Tugas pengembangan perpustakaan digital ini dilakukan oleh mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan. Pembuatan web ini sangat sederhana yaitu melalui google sites dan cara mengakses nya dengan cara men-scan QR Code pada stiker yang telah disiapkan. Dengan cara yang sederhana menjadi web yang dapat bermanfaat bagi SDN Klagen.

Pembuatan web ini dirancang oleh mahasiwi yang sedang menempuh semester 2 Program Studi S1 Teknologi Pendidikan nama Azzah Nur Inayah dan Armi Maskuriati. Mahasiswi tersebut telah melakukan sosialisasi kepada bapak/ibu guru serta siswa siswi SDN Klagen.

hdjhdj

Kesan pesan para guru di SDN Klagen sangat mengapresiasi hasil dari pengembangan digital library, adapun ibu guru pengajar turut serta dalam memberikan masukan dan saran supaya perpustakaan digital ini lebih baik lagi. Para siswa juga turut memperhatikan presentasi yang diberikan dan mencoba untuk mengakses digital library.

Ibu Nuning Rahmawati, M.Pd, Kepala Sekolah SDN Klagen Sidoarjo, menyampaikan rasa terima kasinya kepada mahasiswa Teknologi Pendidikan yang telah mengembangkan digital library di sekolah yang dipimpinnya.

‘’Digital library sangat memudahkan para siswa dan juga guru dalam mendapatkan informasi mengenai perpustakaan yang berada di SDN Klagen,’’ujarnya.

Hasil dari pengembangan perpustakaan digital ini adalah bentuk dari projek akhir untuk mata kuliah Pemanfaatan dan Pengelolaan Sumber Belajar yang diampu oleh Dr. Fajar Arianto, M. Pd, sebagai dosen pengampu mata kuliah.

 Selain di SDN Klagen mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan juga mengembangkan di SDN Lidah Kulon 1, SDN Manukan Wetan 1, SDN Wedoro, dan TK Al Husna Tanjungsari Surabaya.Fa

Editor : Mariana Setiawati

Tag :

BERITA TERBARU