Diklat Sepak Bola Anak - Anak Surabaya Digelar Mulai Juli

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat mengobrol dengan Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti saat seleksi timnas U-16 di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (6/6).  SP/Humas Pemkot Surabaya

SURABAYAPAGI, Surabaya - Wali Kota Eri Cahyadi memastikan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan terus memfasilitasi arek-arek Suroboyo yang memiliki talenta dan kemampuan dalam bidang sepak bola.

Maka dari itu, Pemkot Surabaya menggelar pendidikan dan latihan sepak bola untuk kalangan anak-anak di Kota Pahlawan, Jawa Timur, mulai Juli 2021.

Rencananya Diklat Surabaya ini akan dilangsungkan mulai bulan Juli 2021. Dengan adanya diklat ini ia ingin menyiapkan arek-arek Suroboyo untuk Piala Soeratin maupun Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), sehingga bisa menegaskan kembali Kota Surabaya sebagai Kota Sepakbola.

“Saya berharap diklat ini akan berjalan bulan Juli, jadi kalau ada persiapan Piala Soeratin atau Porprov kita bisa seperti dulu lagi,” ungkapnya.Senin (7/6).

Menurut Eri juga, dengan adanya diklat ini nantinya akan menjadi bibit-bibit yang dapat mengisi Timnas U-16 maupun Timnas Senior ke depannya.

“Saya ingin seluruh arek-arek Suroboyo nanti bisa support untuk Timnas, pemerintah akan memfasilitasi,” ujarnya.

Eri mengatakan, adanya diklat tersebut juga telah disampaikan kepada Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti saat seleksi timnas U-16 di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (6/6). 

Selain menggelar diklat, Eri mengaku sudah bekerja sama dengan Kota Liverpool untuk mengirim anak-anak berbakat berlatih ke sana. Setelah beberapa pekan lalu bertemu dengan seluruh Konjen yang berada di Surabaya, ke depan ia pun ingin mengirim anak-anak Surabaya berlatih di Belanda, terutama Ajax.
 
"Kemarin saya bertemu dengan Konjen di Surabaya, dari seluruh dunia. Saya sampaikan bahwa Surabaya pernah mengirimkan anak-anak untuk berlatih di Liverpool, sehingga nanti bisa juga dilakukan di Belanda," ujarnya.
 
Dengan mengirimkan anak-anak untuk berlatih di luar negeri, ia berharap hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan mereka agar dapat bersaing di level nasional maupun internasional.

"Dengan berlatih di sana, tentu ini akan meningkatkan rasa percaya dirinya dan kemampuan dari arek-arek Suroboyo," katanya.nt/na