Dinas Kominfo dan PWI Pasuruan Sukses Gelar Diklat Jurnalistik Santri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 06 Mar 2022 15:51 WIB

Dinas Kominfo dan PWI Pasuruan Sukses Gelar Diklat Jurnalistik Santri

i

Diklat Jurnalistik Santri yang digelar Kominfo dan PWI Pasuruan. SP/Ris

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan bersama PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pasuruan menggelar Diklat Jurnalistik Santri, Sabtu (05/03).

Diklat tersebut digelar di Gedung Serbaguna Pemkab Pasuruan dan dibuka secara langsung oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad).

Baca Juga: Pelantikan Pengurus PWI Jombang, Pentingnya Menjaga Kode Etik Jurnalistik

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad mengatakan, tujuan digelarnya diklat bagi santri adalah untuk lebih mengenalkan ilmu-ilmu jurnalistik secara dasar.

Terlebih di era seperti saat ini, kebutuhan akan jurnalistik di pondok pesantren sangat tinggi, seperti publikasi dan promosi melalui tulisan, foto dan video. 

"Simpelnya adalah kalau pondok pesantren ingin banyak diketahui orang, ya lewat publikasi. Nah disinilah peran para jurnalis kami hadirkan untuk bisa berbagi ilmu foto, video dan cara menulis sebuah berita," katanya.

Total ada 50 santri dari 25 ponpes di Pasuruan yang mengikuti diklat ini. Menurut Syaifudin, diklat digelar selama seharian penuh dengan 4 pemateri, yakni Ketua PWI Pasuruan, Joko Haryanto; CEO Wartabromo, Ari Suprayogi; CEO Kabarpas.com, Shohibul Hujjah serta Fotografer Jawa Pos Radar Bromo, Ubaidillah.

Masing-masing narasumber memberikan materi yang berbeda. Mulai dari dasar-dasar jurnalistik, teknik fotografi, teknik videografi hingga manajemen media. Sehingga diharapkan seluruh santri bisa menyerap ilmu yang dibagikan para jurnalis pasuruan. 

Baca Juga: PWI Sumenep Gandeng KPU dan Bawaslu Kampanyekan Pemilu Damai

"Maka dari itu, kalau tidak dimanfaatkan dengan baik ya rugi. Dan kami berikan sertifikat pada seluruh peserta diklat ini," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf mengapresiasi PWI Pasuruan yang sukses menggelar diklat jurnalistik santri dan semua gelaran acara dalam rangka Hari Pers Nasional ke 76 tahun 2022.

"Saya berikan 10 jempol untuk PWI Pasuruan yang sukses menggelar diklat jurnalistik santri. Sukses berat, terlebih mulai dari Tasyakuran, Vaksinasi booster, olahraga bersama sampai penanaman, semuanya sukses. Saya ucapkan selamat," tegasnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Pasuruan itupun meminta agar diklat jurnalistik maupun semua event dalam rangka HP, bisa dilanjutkan di tahun-tahun mendatang.

Baca Juga: Gelar Bimtek Penerapan SPLP, Diskominfo Kota Kediri Wujudkan Perpres Nomor 95 Tahun 2018

"Harus diulangi lagi di tahun depan. Selamat Hari Pers Nasional untuk semua jurnalis yang bertugas di Pasuruan. Jaga kesehatan karena kita masih di tengah pandemi Covid-19," harapnya. ris

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU