Dinas Perikanan dan Tim Penggerak PKK: Tingkatkan Angka Konsumsi Ikan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 23 Mar 2023 15:46 WIB

Dinas Perikanan dan Tim Penggerak PKK: Tingkatkan Angka Konsumsi Ikan

i

Kepala Dinas Perikanan dan tim penggerak PKK Kabupaten Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Dinas Perikanan bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan terus gencar untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di seluruh wilayah beresiko stunting.

Sebagai buktinya, puluhan kader gizi hingga para ibu rumah tangga sengaja diundang di Pendopo Kecamatan Pohjentrek, Selasa (21/03/2023).

Baca Juga: Disnaker Kab Pasuruan Gelar Penyuluhan Bimbingan Jabatan bagi Pelajar

Bersama Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf, mereka diajak untuk lebih memahami pentingnya ikan sebagai lauk utama di meja makan. Selain bergizi tinggi, ikan konsumsi juga lebih murah dari sisi harga belinya.

"Ikan lele itu walaupun harganya sangat murah, tapi kandungan gizinya paling tinggi. Ikan salmon atau tuna mah lewat," ucapnya.

Dari pantauan di lapangan, istri Bupati Irsyad Yusuf itu tak hanya memberikan edukasi, namun ikut mempraktekkan secara langsung bagaimana mengolah ikan menjadi bentuk lain. Sehingga anak-anak menjadi suka makan ikan karena kreatifitas.

"Kebetulan hari ini kita bikin empek-empek dan bakpao dari ikan. Intinya ikan dibuat jadi bentuk yang lain sampai anak kita jadi suka makan karena bentuknya yang menarik atau kemasannya," katanya.

Baca Juga: Personil Polsek Purwosari Pasang Himbauan Mudik Aman 2024

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, Alfi Khasanah menambahkan, ajakan untuk semakin gemar menkonsumsi ikan merupakan bagian dari kegiatan pembinaan mutu dan keamanan hasil perikanan bagi usaha pengolahan dan pemasaran skala mikro dan kecil.

Bentuknya berupa introduksi pengolahan hasil perikanan yang fresh dan bisa ditiru oleh seluruh peserta yang hadir. Terutama di wilayah-wilayah yang beresiko terjadi stunting.

"Bukan lokus stunting, tapi beresiko stunting. Kalau lokus stunting sudah kita garap tahun lalu di 10 kecamatan," terangnya.

Baca Juga: Polres Pasuruan Kota Gelar Rapat Lintas Sektoral untuk Persiapan Operasi Ketupat Semeru 2024

Perihal angka konsumsi ikan di Kabupaten Pasuruan, dalam tiga tahun terakhir terus mengalami kenaikan. Kata Alfi, di tahun 2020, angka konsumsi ikan sebesar 38,24 kilogram per kapita per tahun.

Jumlah tersebut terus naik menjadi 47,74% di tahun 2021, dan untuk 2022, jumlahnya tetap sama.

"Alhamdulillah, angka konsumsi ikan di Kabupaten Pasuruan terus naik, ini berkat kerja keras semua pihak," imbuhnya. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU