Dinas Perikanan: Semua Nelayan Akan Mendapatkan Asuransi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 24 Mei 2022 23:20 WIB

Dinas Perikanan: Semua Nelayan Akan Mendapatkan Asuransi

i

Aktivitas nelayan di Kabupaten Pasuruan.

SURABAYA PAGI, Pasuruan– Kesadaran akan pentingnya asuransi nelayan belum tinggi. Buktinya, jumlah nelayan yang ikut program asuransi mandiri baru sekitar 50 orang. Ada asuransi gratis.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Alfi Khasanah mengatakan, pada 2022 ini, dinasnya mendapatkan jatah asuransi 400 orang. Asuransi itu merupakan premi gratis dari kementerian untuk perlindungan bagi para nelayan di Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga: Permudah Nelayan Cari Ikan, Kemenhub Bakal Perbaiki Pelabuhan Brondong

Asuransi gratis ini diberikan pertama pada 2017. Dinasnya mendapatkan jatah 300-an orang. Di antara jumlah itu, delapan nelayan telah mengajukan klaim. Nominalnya kurang lebih Rp 1,7 miliar.

”Setelah jatah 2017 itu, empat tahun tidak ada lagi. Sebenarnya, pada 2020 ada. Tetapi, karena pandemi, dananya kena refocusing. Jadi, tidak ada,” ungkapnya.

Alfi menjelaskan, tahun ini, dinasnya kembali mendapatkan jatah 400 orang. Sudah ada nama-namanya. Jumlah itu tentu tidak bisa mencakup seluruh nelayan. Sebab, jumlah nelayan Kabupaten Pasuruan kurang lebih 7 ribu orang.

Baca Juga: Dinas Perikanan Kab Pasuruan Upayakan Peningkatan Produksi Ikan Nelayan

Menurut Alfi, asuransi mandiri sebenarnya cukup terjangkau. Premi sebulan Rp 16 ribu. Sosialisasi sudah dilakukan. Selama ini sudah ada 50 orang yang ikut. Dinas perikanan bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaaan. ”Kami akan terus sosialisasi. Yang ada saat ini sudah cukup bagus ya. Karena sangat sulit untuk mengajak,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasuruan Abdul Mujib Imron kemarin (23/5) menyatakan akan berusaha memberikan asuransi gratis bagi untuk seribu nelayan. Anggaran akan diambilkan dari APBD. Dia mengimbau nelayan agar betul-betul memanfaatkan asuransi ini dengan sebaik-baiknya.

”Manfaatnya bukan sekarang, tapi nanti ketika ada sesuatu terjadi pada nelayan sendiri. Karena pekerjaannya sangat berisiko. Jadi asuransi ini akan menjamin perlindungan jiwanya,” katanya.

Baca Juga: Peduli Wong Cilik, Komisi VII DPR RI Beri Bantuan Mesin Motor LPG Nelayan Sidoarjo

Cukup mendaftar melalui Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan. Premi akan digratiskan selama setahun dengan melihat kecukupan anggaran dalam PAK 2022 ini. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU