Dinas PRKP Kota Pasuruan Gelar Kerja Bakti

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 20 Des 2022 15:09 WIB

Dinas PRKP Kota Pasuruan Gelar Kerja Bakti

i

Ratusan orang dan personel dari Dinas PRKP, PUPR, TNI dan masyarakat ikut membersihkan bantaran Sungai Buk Wedi.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Pasuruan kembali melakukan program Pasuruan Resik. Kegiatan rutin ini kembali digelar di bantaran Sungai Buk Wedi.

Ratusan orang dan personel dari Dinas PRKP, PUPR, TNI dan masyarakat bersinergi melakukan kerja bakti. Kerja bakti ini digelar sekaligus dalam rangkaian Hari Bhakti ke-77 PU yang dipusatkan di Dusun Bintingan, Kelurahan Kepel, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan.

Baca Juga: Avanza Tabrak Truk, 3 Orang Tewas

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, Sekretaris Daerah, Asisten II dan Perangkat Daerah terkait turut mengikuti kerja bakti tersebut. Saat memimpin Apel, Wali Kota Pasuruan berpesan kepada peserta apel untuk senantiasa memberikan dukungan demi kelancaran pelaksanaan program serta bersedia untuk bekerja sama dan bergotong royong.

“Masyarakat khususnya wilayah Bintingan dan sekitarnya dapat menghidupkan kembali semangat swadaya dan gotong royong. Termasuk kerja bakti menjadi contoh agar masyarakat ikut menjaga dan merawat kebersihan lingkungan sekitar,” pesan Gus Ipul, panggilan Wali Kota Pasuruan.

Baca Juga: Jalur Mudik Kota Pasuruan Landai

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Pasuruan Dyah Ermitasari, ST, MT mengatakan, dipilihnya Dusun Bintingan ini disebabkan daerah ini sering banjir. Kerja bakti juga digelar sekaligus untuk mengedukasi masyarakat, khususnya di sepanjang bantaran sungai untuk tetap menjaga kebersihan dan lingkungannya agar tidak kumuh.

Setelah kerja bakti, rombongan Wali Kota Pasuruan dengan dihadiri Ketua DPRD Kota Pasuruan Ismail Hasani juga memantau bangunan IPLT (Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja). Lokasinya di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Kelurahan Blandongan. Dalam Tahap pertama ini, kapasitas per hari tinja yang masuk dan dikelola masih mencapai 4,8 meter kubik dari kapasitas maksimal yang bisa dikelola di IPLT ini, yaitu 10 meter kubik.

Baca Juga: Wawali Pasuruan Serahkan 155 Paket Sembako untuk Warga

Ke depan bila IPLT ini sudah diresmikan, Dinas PRKP Kota Pasuruan berencana menjadwalkan rutin Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT). Layanan rutin ini akan diupayakan untuk bekerja sama dengan perusahaan, perkantoran, pengembang, hotel dan juga restoran. Layanan ini akan dikenai retribusi, sehingga nantinya bisa menjadi penyumbang PAD. Dan yang paling penting adalah dengan peningkatan layanan serta pengelolaan sanitasi yang baik, dapat berkontribusi untuk membantu mencegah stunting dan tercemarnya air tanah. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU